Kebiasaan Makan yang Harus Dihentikan Sekarang! | Breaktime
Kebiasaan Makan yang Harus Dihentikan Sekarang Juga
03.05.2016

Anda butuh waktu berapa lama untuk memutuskan ingin memesan menu apa di sebuah restoran saat makan malam, B’timers? Ayam panggang dengan kentang saus asam manis atau bahkan hanya salad saja bisa menjadi kesalahan terbesar yang tidak pernah Anda sadari, lho. Yang menyedihkan, banyak dari kita telah mengambil pilihan yang tidak sehat terkait dengan menu harian. Dan berikut, beberapa kebiasaan makan yang harus dihentikan sekarang, B’timers!

Jangan takut pada lemak

Berapa kali Anda menatap dengan obsesif pada tulisan di balik kemasan produk makanan, dan terkejut dengan kandungan lemaknya? Sangat penting Anda memahami, bahwa tidak semua lemak buruk bagi kesehatan. Lemak sehat bisa tersembunyi dalam makanan, seperti kacang-kacangan, buah zaitun dan alpukat. Bahkan ada lemak yang dapat meningkatkan metabolism tubuh.

Kebiasaan Makan yang Harus Dihentikan Sekarang! | Breaktime
Siapkan kacang untuk camilan sore hari

Ngemil di tengah malam

Sering diam-diam melangkah ke dapur di tengah malam sambil berjingkat hanya untuk mengambil keju, B’timers? Wah, ini adalah salah satu kebiasaan makan yang harus dihentikan! Studi menunjukkan bahwa makanan yang dikonsumsi larut malam akan disimpan tubuh sebagai lemak. Dan inilah penyebab utama kenaikan berat badan yang tidak pernah Anda sadari.

Mengonsumsi makanan diet

Pilihan minuman diet, makanan rendah lemak, susu tanpa lemak, itu semua adalah ranjau makanan. Perusahaan menggunakan istilah tersebut untuk menarik pasaran, B’timers. Tidak pernah ada studi khusus yang menyatakan makanan dengan label tersebut benar-benar rendah kalori, lho. Jangan sampai terjebak dengan iming-iming tulisan zero-fat pada kemasan.

Daging sebesar kepalan

Menu berbahan daging steak memang yang paling nikmat untuk makan malam. Dan saat inilah biasanya kita mengambil potongan paling besar. Padalah daging, khususnya daging merah, memiliki kandungan lemak serta kalori yang tinggi, B’timers. Nah, karena itu, disarankan untuk mengonsumsi daging hanya sebesar kepalan tangan Anda setiap kali makan.

Kebiasaan Makan yang Harus Dihentikan Sekarang! | Breaktime
Jangan berlebihan makan daging!

Belanja saat perut lapar

Penelitian menunjukkan, jika seseorang berbelanja dalam kondisi perut lapar, mereka cenderung akan mengambil lebih banyak makanan tidak sehat dan mengabaikan daftar belanja yang telah dibuat, B’timers. Jadi, usahakan untuk mengisi perut dengan menu sehat sebelum Anda pergi berbelanja bahan makanan. Dengan begini, Anda tidak akan mudah tergoda dengan membeli jajanan.

Selain itu, kebiasaan makan yang harus dihentikan sekarang juga adalah selalu melewatkan makan pagi, B’timers. Usahakan selalu dengarkan apa yang perut Anda katakan dan minum cukup air. Dengan begitu, tidak akan ada lagi makan berlebih saat menonton TV, yang akan membuat Anda menyesal nantinya. (NO)

Share This Article