Kaki Sering Kram Tanpa Sebab? | Breaktime
Kaki Sering Kram Tanpa Sebab? Atasi dengan 3 Latihan Sederhana Berikut
21.11.2015

Pernahkah Anda merasa kaki tiba-tiba terasa begitu sakit tak bisa digerakkan saat bangun tidur? Bahkan, masalah yang sama juga kerap terasa ketika Anda sedang jalan-jalan. Tiba-tiba saja kaki terasa kram dan tak bisa bergerak. Kalau sudah begini, jangan ditanya lagi sakitnya, ya.

Nah, bagi B’timers yang sering mengalami kram kaki, ada sejumlah tips menarik untuk meredakannya. Apa itu? Yuk, simak ulasannya:

Berdiri dan regangkan betis

Kaki Sering Kram Tanpa Sebab? | Breaktime
Berdiri dan regangkan betis menghadap dinding

Berdirilah menghadap dinding dengan menempelkan kedua tangan pada dinding. Tak perlu tinggi-tinggi, cukup tempelkan saja tangan Anda di dinding setinggi dada. Setelah itu, ambil posisi kuda-kuda dengan posisi kaki kanan ada di depan dan tekuk lutut Anda. Sementara itu, posisikan kaki kiri di belakang dengan posisi lurus.

Setelah itu, ayunkan tubuh Anda ke depan dan belakang tanpa mengubah posisi tangan. Lakukan gerakan ini selama beberapa saat untuk bantu melancarkan sirkulasi darah pada kaki.

Regangkan lutut

Kaki Sering Kram Tanpa Sebab? | Breaktime
Regangkan lutut dengan bantuan kursi

Cara kedua bisa Anda lakukan dengan peregangan menggunakan bantuan kursi. Ambilah kursi dan tempatkan di dekat dinding. Setelah itu, angkat kaki kanan Anda dan letakkan di atas kursi, luruskan.

Dengan posisi kaki kiri masih menginjak lantai, membungkuklah pelan-pelan dan sentuhlah kaki kanan. Luruskan punggung saat membungkuk dan tahan posisi ini selama beberapa saat. Setelah itu, lakukan hal yang sama pada kaki kiri.

Regangkan telapak kaki

Kaki Sering Kram Tanpa Sebab? | Breaktime
Regangkan telapak kaki dengan tali

Selain kedua cara tersebut, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri akibat kaki kram. Duduklah di atas lantai atau matras yang lurus dan selonjorkan kedua kaki. Setelah itu, bangunlah secara perlahan dan bungkukkan badan.

Raihlah ujung jempol kaki Anda dan pastikan punggung tidak bengkok saat melakukannya. Bila B’timers tak sanggup untuk meraih jempol kaki, Anda bisa memegang betis kaki. Tahan posisi ini selama sesaat.

Bahkan, Anda juga bisa mengandalkan tali elastis tang diikatkan pada telapak kaki pada saat duduk selonjor. Kemudian, tariklah tali tersebut secara perlahan sampai telapak kaki sedikit tertarik ke atas. Tahan posisi ini selama beberapa saat dan lakukan pada kaki satunya.

Bila Anda ingin nyeri kram kaki tersebut menghilang, pastikan untuk mempraktikkan latihan ini selama tiga kali dalam sehari. Masing-masing gerakan setidaknya membutuhkan waktu selama 10 detik. Lakukan secara teratur dan amati hasilnya. (vsc)

Share This Article