Jogging Pagi atau Sore Hari, Mana yang Terbaik? | Breaktime
Jogging Pagi atau Sore Hari, Mana yang Terbaik?
17.04.2016

Jogging adalah olahraga paling ringan yang bisa dilakukan siapa saja. B’timers tentu memilih olahraga ini menjadi favorit karena selain menyehatkan sekaligus bisa digunakan sambil refreshing menghirup udara segar di sekitar. Namun sadarkah Anda bahwa masih banyak kebingungan kapan waktu terbaik antara jogging pagi atau sore hari?

Nah, sebelum menjawab kapankah waktu terbaik untuk olahraga jogging pagi atau sore hari, alangkah lebih baiknya jika kita membahas manfaat keduanya terlebih dahulu. Yuk, langsung saja simak, catat dan ingat dengan manfaat lari di pagi dan sore hari berikut ini.

Manfaat jogging pagi hari

  • Meningkatkan kewaspadaan

Banyak orang yang mengaku bahwa dirinya menjadi kurang waspada di jam-jam pertama saat memulai hari. Nah, cara terbaik untuk memperbaiki ketelitian, kewaspadaan dan kekuatan fokus adalah dengan latihan fisik di pagi hari seperti jogging.

  • Lebih sedikit gangguan

Saat melakukan olahraga, kadang Anda masih saja diganggu dengan sederet urusan yang berkelebatan di pikiran. Itulah kenapa jogging di pagi hari nyaman untuk dilakukan. Dengan lari pagi, Anda lebih bisa mengatur kapan Anda akan memulai dan kapan berhenti. Intinya, Anda bisa dengan leluasa mengatur waktu agar tidak telat pergi ke kantor.

Jogging Pagi atau Sore Hari, Mana yang Terbaik? | Breaktime
Leluasa mengatur waktu
  • Membuat mata cepat ‘melek’

Move on tersulit adalah move on dari tempat tidur, setuju? Tenang saja, Anda tidak sendiri. Di luar sana banyak juga orang yang merasa bagian paling berat dalam hidupnya adalah beranjak dari kasur. Nah, jogging di pagi hari adalah strategi tepat yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda mengusir kantuk. Karena menimbulkan efek segar pada pikiran, Anda jauh lebih prima saat beraktivitas seharian.

Manfaat jogging sore hari

  • Mengurangi stres

Bayangkan betapa penatnya Anda karena seharian beraktivitas. Anda memerlukan angin segar yang bisa menerbangkan rasa stres sejauh-jauhnya. Jika demikian, jogging di sore hari adalah obatnya, bukan? Apalagi jika ditemani dengan cuaca cerah dan pemandangan indah.

Jogging Pagi atau Sore Hari, Mana yang Terbaik? | Breaktime
Daya than tubuh meningkat
  • Tubuh lebih produktif

Memerangi kelelahan karena aktivitas seharian dengan lari sore akan membuat daya imun lebih kebal. Tak hanya itu, jogging di sore hari pun akan meluruhkan hormon-hormon penyebab bad mood. Tak heran jika tubuh jadi lebih produktif dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

  • Metabolisme meningkat

Tahukah Anda bahwa lari sore mampu meningkatkan metabolisme? Otot-otot Anda melakukan yang terbaik ketika mereka hangat. Di malam hari otot jauh lebih hangat daripada pagi hari. Ini adalah kabar baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Karena metabolisme meningkat di malam hari, banyak kalori yang terbakar, bukan?

Kesimpulannya, mana yang terbaik antara jogging pagi atau sore hari, itu sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin sehat dan bebas stres, lakukanlah pagi hari. Jika ingin menurunkan berat badan, jogging sore hari adalah yang terbaik. (nap)

Share This Article