Jenis-Jenis Olahraga Buat Ibu Hamil Lebih Tenang | Breaktime
Jenis-Jenis Olahraga Buat Ibu Hamil Lebih Tenang
04.09.2017

Selama masa kehamilan, setiap calon ibu pasti akan merasakan hal yang berbeda. Ada yang kondisi tubuhnya tetap fit dan kuat, ada juga yang akan merasa mudah lelah. Hal ini dikarenakan organ-organ dalam tubuh bekerja dua kali karena menopang kehamilan. Itulah mengapa ibu hamil disarankan tidak melakukan kegiatan berlebihan. Tetapi, tetap saja olahrga sangat diperlukan. Banyak jenis-jenis olahraga untuk ibu hamil yang bisa dilakukan untuk membuat ibu dan jabang bayi tetap sehat.

Tak perlu melakukan olahraga berat, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Meski terbilang ringan, olahraga-olahraga ini memiliki manfaat yang besar untuk masa kehamilan hingga proses persalinan calon ibu. Nah, untuk cari tahu semuanya, simak sama-sama yuk olahraga apa saja yang pas dan apa manfaatnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manfaat Lari Pagi Ini Tak Ada Yang Menduga

Olahraga terbaik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah jalan kaki. Dengan berjalan kaki, B’timers mampu melancarkan peredaran darah dan menjaga tubuh Anda tetap fit. Lakukan setidaknya selama 30 menit setiap hari pada pagi hari. Jangan lupa untuk membawa persediaan minum, untuk menghindari Anda dari dehidrasi.

Selain jalan kaki, berenang juga bisa dilakukan oleh ibu hamil, lho. Berenang sangat baik dilakukan untuk melatih otot-otot besar, seperti pada bagian kaki dan tangan. Berenang juga bermanfaat untuk kinerja jantung dan menutunkan berat badan ibu hamil yang mengalami over weight. Namun, disarankan untuk setiap 15 menit sekali Anda harus minum air putih selama berenang. Sedangkan untuk olahraga renangnya bisa dilakukan selama 30 menit dalam sehari.

Yoga juga menjadi olahraga yang beberapa tahun terakhir ini jadi favorit kebanyakan ibu hamil. Selain manfaatnya untuk melatih pernapasan dan relaksasi ibu hamil, yoga juga mampu membuat ibu hamil lebih rileks dan menghadapi hari-hari sampai hari persalinan dengan lebih tenang.

Jenis-Jenis Olahraga Buat Ibu Hamil Lebih Tenang | Breaktime
Jenis-jenis olahraga untuk ibu hamil
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berhenti Minum Alkohol Demi Diet, Haruskah?

Dari sekian banyak jenis-jenis olahraga ibu hamil, senam hamil jadi yang paling banyak dilakukan oleh para calon ibu. Senam hamil meliputi latihan-latihan yang bisa meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan menjaga sistem kardiovaskular. Olahraga jenis ini aman dilakukan di berbagai usia kehamilan.

Manfaat lain bisa didapatkan jika Anda melakukan senam hamil secara teratur, antara lain meredakan nyeri di masa kehamilan, mengencangkan otot, memperkuat jantung dan paru-paru, membuat tidur lebih nyenyak, membantu menghindari peningkatan berat badan berlebih, meringankan nyeri pada tulang belakang, dan memperkuat sendi.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan senam hamil. Pertama, Anda bisa mengikuti kelas senam hamil untuk hasil yang lebih maksimal. Selain itu, Anda juga akan dilatih langsung oleh instruktur profesional yang umumnya adalah para bidan. Kelas senam hamil biasanya dilakukan di rumah sakit ibu dan anak. Gerakan yang dilakukan biasanya lebih pada latihan pernapasan untuk mempersiapkan tubuh menjalani proses persalinan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Tetapi, Moms juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan panduan video atau buku yang terpercaya. Beberapa gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah adalah push-up dinding untuk memperkuat otot dada dan otot trisep pada belakang lengan atas, berjongkok untuk membantu membuka jalan lahir bayi saat persalinan dan biasanya dilakukan dengan menggunakan bola senam, senam lantai untuk memperkuat punggung dan otot perut, serta menaiki bangku pendek untuk memperkuat otot kaki.

Dengan melakukan jenis-jenis olahraga ibu hamil tersebut, Anda bisa melewati masa-masa kehamilan dengan lebih tenang dan rileks serta melakukan proses persalinan dengan lebih lancar. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE