Jauhi Makanan di Jam Dilarang Makan Ini! Kapan? | Breaktime
Jauhi Makanan di Jam Dilarang Makan Ini! Kapan?
25.03.2016

Anda sedang dalam masa diet? Apabila iya, berarti Anda sedang belajar untuk hidup sehat B'timers. Namun, meskipun sedang dalam kondisi diet tidak menutup kemungkinan untuk berat badan kembali naik lagi. Kok bisa? Ya, ini bisa disebabkan karena salah makan atau Anda mengkonsumsi makanan di jam dilarang makan.

Jam dilarang makan? Apa itu? Ya, di jam-jam tertentu apabila seseorang mengkonsumsi makanan bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan membuat berat badannya naik. Bagi Anda yang belum tahu jam-jam berapa sajakah yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan, berikut penjelasannya :

2 jam sebelum istirahat

Ya, 2 jam sebelum istirahat adalah waktu yang dilarang untuk mengkonsumsi makanan. Jadi, apabila Anda mengkonsumsi makanan jam 7 malam, Anda tidak boleh tidur di bawah jam 9 karena akan menggangu proses metabolisme tubuh. Ini akan berdampak buruk pada tubuh khususnya kesehatan organ pencernaan.

Jauhi Makanan di Jam Dilarang Makan Ini! Kapan? | Breaktime
Makan teratur itu menyehatkan, jadi jangan sungkan!

30 menit setelah makan

Jam dilarang makan selanjutnya adalah 30 menit setelah makan. Menambah porsi makan memang diperbolehkan asal tidak melebihi batas. Namun, meskipun Anda menambah dalam jumlah sedikit tetapi Anda mengkonsumsinya 30 menit atau lebih setelah makan terakhir, akan berdampak tidak baik terhadap berat badan. 

Baca juga : 5 MAKANAN LEZAT KURANG DARI 500 KALORI, APA SAJA?

Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan selama 30 menit, beberapa jenis makanan yang mudah dicerna sudah meninggalkan lambung. Jadi, lambung akan mulai menciut dan Anda bisa menerima makanan lagi. Apabila lambung terisi lagi, maka itu berarti Anda makan dua kali dalam satu waktu.

Makan tengah malam

Makan di tengah malam bisa menaikkan risiko berat badan naik B'timers. Selain itu, Anda juga bisa membahayakan jantung akibat dari begadang itu sendiri. Tak hanya itu, kebanyakan orang setelah mengkonsumsi makanan di tengah malam akan langsung beristirahat tanpa memikirkan kesehatan organ pencernaannya.

Hmm, jadi apakah B'timers pernah mengkonsumsi makanan di jam dilarang makan tersebut? Apabila iya, akan sangat baik apabila Anda menghentikan kebiasaan tersebut dan mulai hidup teratur dengan jam makanan yang sudah disesuaikan. Selamat membiasakan, B'timers! (wsu)

Share This Article