Jangan Sembarangan Berdiet Saat Hamil. Ini Batasannya! | Breaktime
Jangan Sembarangan Berdiet Saat Hamil. Ini Batasannya!
08.10.2015

Menjaga kesehatan selama kehamilan merupakan hal wajib yang perlu B’timers lakukan. Ketercukupan gizi dan nutrisi ibu hamil akan berdampak sangat baik bagi kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Nah, berikut rambu-rambu diet ibu hamil yang sebaiknya Anda ketahui:

Makan dengan benar

Saat mengandung, ada sejumlah menu yang bagus maupun tidak untuk dikonsumsi. Madeleine Sigman-Grant, PhD, spesialis nutrisi dan kesehatan ibu di University of Nevada tidak menganjurkan konsumsi telur mentah sebab kandungan bakterinya memicu mual dan diare. Hal yang sama juga berlaku pada suhsi maupun jus buah mentah.

Konsumsi vitamin awal kehamilan

Frances Largeman-Roth, RD, penulis buku Feed the Belly: The Pregnant Mom’s Healthy Eating Guide sangat menganjurkan konsumsi vitamin pada masa awal kehamilan. Nutrisi ini sangat penting untuk tumbuh kembang sel tulang belakang maupun syaraf anak. Pastikan vitamin yang B’timers konsumsi mengandung 30 mg zat besi serta 600 hingga 800 mikro gram asam folat.

Vitamin pengandung asam folat bagus bagi pertumbuhan sel janin
Vitamin pengandung asam folat bagus bagi pertumbuhan sel janin

Perbanyak asupan asam folat

Asam folat merupakan nutrisi utama yang telah banyak terbukti mampu mengurangi risiko bayi cacat saat lahir. Selain itu, nutrisi ini juga bantu mengembangkan sel-sel yang ada dalam tubuh.

Menurut Carl P. Weiner, MD, profesor dan kepala obstretrik dan ginekologi di University of Kansas School of Medicine, mereka yang menenggak obat anti depresan butuh konsusmi asam folat lebih banyak. Sebab, asam folat juga bantu mengatasi rasa sakit saat persalinan.

Konsumsi daging dan bayam

Di dalam 170 gr daging sirloin steak setidaknya terkandung 3,5 mg zat besi dan 2 mg zat besi pada dada ayam. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan sumber zat gizi pada sayur bayam, kacang-kacangan, maupun lentil. Konsumsi makanan tersebut juga bantu penyerapan vitamin C secara sempurna.

Tertarik untuk mencobanya? Meski demikian, pihak National Institute of Diabetes and Disgestive and Kidney Diseases, National Institutes of Health, U.S. Department of Health and Human Services memberikan rekomendasi berat badan ideal bagi wanita hamil yang ingin diet.

Kondisi ibu hamil 40 kg dinilai terlalu kurus dan berat badan akan mencapai kenaikan normal sebanyak 11 hingga 45 kg.  Oleh karena itu, yuk lakukan diet hamil sekarang agar berat badan Anda tetap seimbang! 

Share This Article