Jangan Panik Saat Terkilir, Lakukan Hal ini! | Breaktime
Jangan Panik Saat Terkilir, Lakukan Pertolongan Pertama Segera!
06.12.2015

B'timers suka berolahraga? Pasti sudah tidak asing dengan yang namanya terkilir, bukan? Cedera yang terjadi akibat trauma otot ini memang cukup berbahaya. Cedera ini menyebabkan peregangan atau bahkan robekan ligamen pada jaringan pengikat antara dua persendian tulang.

Risiko terkilir akan semakin besar saat seseorang lebih aktif menggerakkan ototnya. Saat mengalami hal ini, jangan panik dulu, B'timers. Segera lakukan pertolongan pertama berikut:

1. Segera ambil posisi yang tepat

Saat terjadi terkilir, segeralah berbaring dan lemaskan bagian yang terkilir. Hal ini bertujuan agar cedera tidak makin parah dan apabila kerusakan sampai tahap robek ligamen, bisa diperkecil dampaknya.

2. Kompres dengan air es

Gunakan air es untuk mengompres bagian terkilir tadi. Tujuan dari hal ini adalah untuk mengurangi pembengkakan pada bagian yang terkilir, sehingga rasa sakitnya akan berkurang. Kompres menggunakan es selama 3 menit dengan interval 4 jam sekali. Perlu digaris bawahi, jangan melakukan kompres lebih dari 3 menit atau jaringan otot bisa menjadi rusak.

Jangan Panik Saat Terkilir, Lakukan Hal ini! | Breaktime
Gunakan kompres air es agar pembengkakan tidak membesar

3. Balut bagian yang terkilir

Gunakan kain untuk membalut bagian yang terkilir tadi. Proses pembalutan ini dilakukan untuk mempercepat penyembuhan. Namun apabila ternyata bagian yang dibalut tadi berubah menjadi kebiru-biruan, segeralah lepas dan balut menggunakan gips agar proses penyembuhan bisa lebih efektif.

4. Letakkan bagian tubuh yang terkilir di posisi lebih tinggi

Tinggikan bagian yang mengalami pembengkakan hebat. Tahap ini dilakukan apabila terkilir yang dialami sudah sangat parah. Tujuan dari hal ini adalah mengurangi pembengkakan sehingga penyembuhan bisa lebih cepat dilakukan.

Itulah pertolongan pertama yang harus dilakukan saat terjadi terkilir. Yang wajib Anda lakukan sebelum mempersiapkan semua tahap tersebut adalah atur emosi dan jangan panik. (wsu)

Share This Article