Jangan Lakukan Peregangan Ini Sebelum Olahraga | Breaktime
Jangan Lakukan Peregangan Ini Sebelum Olahraga
23.11.2017

Peregangan atau stretch adalah bagian penting sebelum melakukan olahraga. Peregangan berfungsi untuk mengendurkan otot-otot tubuh, meningkatkan denyut jantung, meningkatkan aliran darah, dan menyebarkan oksigen ke seluruh otot tubuh. Bahkan menurut Rebecca Kennedy, seorang pelatih bersertifikasi dan pendiri ACCESS, jika banyak oksigen yang masuk ke dalam otot, itu berarti B’timers sedang meringankan stres yang sedang dihadapi. Namun sayangnya, peregangan yang selama ini dilakukan bisa jadi salah.

Peregangan yang dinamis sebaiknya masuk dalam latihan Anda. Sama halnya dengan peregangan statis yang sebaiknya tidak dilakukan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Strength & Conditioning Research, peregangan status sebelum latihan mengurangi kekuatan otot dan mengganggu kinerja otot yang eksplosif. Peregangan statis pada akhirnya bisa merusak otot atau tendon jika dilakukan sebelum otot cukup warmed up.

Faktanya ada lima jenis peregangan yang seringkali disalahgunakan sebelum melakukan workout. Agar tak lagi melakukan kesalahan yang berarti, yuk simak apa saja peregangan yang ternyata salah dan bagaimana cara melakukannya dengan benar!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Memperkenalkan Olahraga pada Anak, Perlukah?

Elevated Hamstring Stretch

Ini adalah posisi ketika Anda menempatkan satu kaki di permukaan yang lebih rendah dari pinggul, seperti pada bangku. Kemudian Anda berusaha untuk melenturkan kaki dengan membungkuk. Kegiatan ini faktanya hanya akan menimbulkan sensasi ketegangan dari saraf skiatik. Hamstring sebenarnya tidak akan melenturkan otot dan menjadikannya lebih fleksibel.

Forward Fold

Gerakan ini sejatinya adalah gerakan yoga yang memaksa Anda untuk membungkuk hingga telapak tangan menyentuh lantai. Gerakan ini pun memaksa Anda untuk menahannya beberapa detik. Peregangan statis seperti ini kurang efisien jika dilakukan sebelum latihan, karena berpotensi menyebabkan luka yang menyakitkan seperti microtears, yang akan membatasi gerakan Anda.

Jangan Lakukan Peregangan Ini Sebelum Olahraga | Breaktime
Gerakan Forward Fold
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
3 Hal Sepele Tapi Fatal untuk Workout Anda

Standing Isolated Quad Stretch

Kalau yang satu ini merupakan peregangan klasik dengan posisi berdiri dan meraih satu kaki dengan sisi tangan yang sama. Gerakan ini dilakukan untuk menjaga paha tetap seimbang. Sayangnya, peregangan ini tidak benar jika dilakukan terlalu sering, karena terlalu menekan sendi lutut dan bisa menyebabkan nyeri lutut anterior. Nyeri lutut ini bisa berindikasi memiliki masalah sendi patellofemoral. Jadi sebaiknya dihindari saja.

Figure 4

Ini adalah gerakan ketika B’timers berbaring telentang dengan posisi kaki yang tertekuk. Kemudian satu pergelangan kaki bertumpu pada paha tepat di atas lutut atau bisa juga bersila di satu kaki dengan kaki lain menyilang di atasnya dan pergelangan kaki bertumpu pada paha. Namun saat otot tidak mengalami pemanasan yang baik, gerakan ini akan membuat pinggul tak bisa menjangkau fungsinya. Otot di sekitar sendi pinggul tidak memiliki fleksibilitas yang memadai. Jadi, gerakan ini cukup buang-buang waktu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aturan Minum Jus Bayam & Jahe, Ini Yang Terjadi!

Pigeon Pose

Posisi dengan satu kaki tertekuk di atas matras ini bertujuan untuk membuka pinggul. Sayangnya posisi ini terlalu memaksa otot panggul, pinggul, dan lutut untuk bekerja. Sehingga jika otot-otot tersebut menjadi kencang, maka akan merugikan diri Anda dengan merasakan sakit dan tidak nyaman.

Jadi pada dasarnya, lakukan dulu pemanasan-pemanasan yang benar sebelum melakukan kelima stretch tersebut. Dengan begitu tubuh tetap sehat dan otot juga bisa fleksibel dengan sangat baik. Jangan lupa juga selain melakukan olahraga rutin, B’timers juga harus memberikan perlindungan untuk masa depan yang lebih baik dengan klik di sini



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE