Jangan Diet Berlebihan & Ganti Dengan Cara Ini! | Breaktime
Jangan Diet Berlebihan & Ganti Dengan Cara Ini!
17.11.2016

Siapa yang tidak ingin punya bentuk tubuh yang sehat dan ideal? Setiap orang pasti ingin punya, termasuk juga B’timers. Nah, hal umum yang pasti dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah dengan melakukan diet. Namun, tak sedikit orang yang melakukan diet berlebihan.

Program diet berlebihan yang banyak orang lakukan ini justru akan membuat tubuh Anda tidak sehat. Beberapa perempuan masih awam dengan makna diet yang sesungguhnya. Diet sendiri adalah kegiatan menjaga pola makan, bukan mengurangi porsi makan secara berlebihan.

Baca juga : INI DIA TIPS DIET SEHAT HANYA DENGAN JALAN KAKI!

Anda tetap boleh makan makanan yang biasa Anda makan, tetapi harus diimbangi atau bahkan lebih banyak mengonsumsi makanan yang sehat dalam porsi yang pas. Misalnya dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lainnya.

Berikut ini Breaktime telah merangkum beberapa kerugian jika Anda melakukan diet berlebihan. Dengan begitu Anda juga bisa memperbaiki pola diet Anda dengan benar.

1. Diet berlebihan bisa membuat Anda kekurangan gizi

Satu hal yang bisa terjadi adalah kekurangan gizi. Jika seseorang yang menurunkan berat badan secara berlebihan hingga membuat dirinya kekurangan gizi bisa menyebabkan sel-sel otak memakan dirinya sendiri karena terdorong oleh rasa lapar yang kuat.

Otak sama seperti bagian tubuh lain, mereka akan mulai memakan dirinya sendiri sebagai sumber energi terakhir untuk mengatasi rasa lapar. Albert Einstein College of Medicine di Yeshiva University, New York melakukan penelitian pada seekor tikus. Proses sel-sel otak yang memakan dirinya sendiri ini disebut dengan autophagy.

Jangan Diet Berlebihan & Ganti Dengan Cara Ini! | Breaktime
Diet ketat akan menimbulkan banyak masalah kesehatan tubuh

2. Diet ketat yang dilakukan oleh wanita juga bisa mempengaruhi kesuburan, lho!

Mulai sekarang, coba untuk mempelajari ulang cara diet yang baik dan benar. Khususnya untuk para wanita, karena jika Anda melakukan diet yang berlebihan dan terlalu ketat akan sangat berpengaruh pada kesuburan. Anda bisa lebih susah untuk memiliki anak.

Mengapa begitu? Yup, hal ini terjadi karena terganggunya siklus menstruasi dan pelepasan sel telur pada wanita.

3. Diet ketat seringkali membuat Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi

Satu lagi hal buruk yang ditimbulkan karena diet berlebihan adalah kekurangan nutrisi untuk tubuh. Hal ini nantinya akan menyebabkan masalah pada sistem kekebalan menurun, fungsi kognitif menurun, mudah cemas, depresi, dan sering terserang penyakit.

Kini Anda sudah mengerti, kan dampak negatif yang ditimbulkan jika Anda melakukan diet berlebihan. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan diet yang baik dan benar dengan cara-cara berikut ini.

1. Jangan pernah melupakan sarapan

Sarapan pagi sangat penting untuk sumber energi. Lakukan makan pagi sebelum jam 9 agar proses pembakaran energi dimulai lebih cepat. Hanya saja Anda harus menghindari makanan berlemak tinggi saat sarapan.

2. Perbanyak makan setiap harinya

Saat Anda sedang diet, tak berarti Anda tidak makan. Justru Anda bisa tetap makan banyak hingga 5 kali dalam sehari, namun dengan porsi yang kecil. Dan ingat, makanan yang dikonsumsi harus yang rendah lemak dan tinggi protein.

Jangan Diet Berlebihan & Ganti Dengan Cara Ini! | Breaktime
Perbanyak konsumsi makanan sehat untuk diet yang benar

3. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh

Meskipun sedang diet, Anda juga tetap membutuhkan lemak dan kerbohidrat. Pilih lemak yang baik dan Anda bisa mendapatkannya dari alpukat, salmon, minyak zaitun, dan masih banyak lagi. Untuk makanan yang berkarbohidrat, Anda bisa mengonsumsi ubi, oatmeal, dan gandum.

4. Salad untuk makan siang

Saat makan siang, Anda bisa membeli atau membawa bekal dari rumah berupa salad yang akan membuat Anda tetap terhidrasi. Ini juga mampu memperlancar sistem pencernaan dan membuang racun dalam tubuh melalui kotoran.

5. Tetap makan malam

Tahukah Anda bahwa saat tidur, tubuh tetap membutuhkan protein. Jadi, Anda tetap harus makan malam namun jangan makan yang berkarbohidrat. Anda bisa merebus kentang, memasak nasi merah, ayam tanpa kulit, dan tumis sayuran.

Baca juga : DIET KORSET, CUKUP EFEKTIFKAH UNTUK BUANG LEMAK?

6. Perbanyak minum air putih

Minum air putih juga sangat penting saat diet. Meskipun Anda tidak melakukan diet ini juga sangat penting. Air putih baik untuk melancarkan metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Nah, jika selama ini Anda salah melakukan diet, mulai sekarang sebaiknya perbaiki pola diet Anda. Dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga. Keep healthy and love your body! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE