Jangan Abaikan Cedera Kecil ini Saat Olahraga! | Breaktime
Jangan Abaikan Cedera Kecil ini Saat Olahraga, ya?
24.05.2016

Latihan fisik yang teratur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental Anda, B’timers. Seiring dengan waktu, tubuh akan menunjukkan tanda kerusakan, lho. Apalagi jika usia bertambah. Namun sering kali Anda mengabaikan nyeri yang merupakan tanda tubuh tidak nyaman. Padahal, ada beberapa jenis cedera kecil saat olahraga yang sama sekali tak boleh Anda sepelekan, seperti berikut ini!

Lower back pain atau nyeri punggung bagian bawah

Saat punggung bagian bawah Anda terasa sakit, itu merupakan tanda otot tidak terlatih sepenuhnya, B’timers. Dua area di tubuh yang menyebabkan ketidaknyamanan adalah glutes dan otot perut bagian dalam. Otot glutes yang terlalu banyak bekerja akan menyebabkan ketegangan pada punggung bawah Anda. Itulah yang mengakibatkan Anda mengalami nyeri punggung bagian bawah, B’timers.

Jangan Abaikan Cedera Kecil ini Saat Olahraga! | Breaktime
Jangan berlebihan dalam berolahraga, ya?

Nyeri lutut, pergelangan tangan dan kaki serta siku

Ketika Anda melakukan latihan yang menyebabkan membran interoseus terpisah, maka hasilnya adalah rasa nyeri di bagian persendian, B’timers. Bisa jadi saat Anda melakukan pukulan ataupun push-up, hal tersebut terjadi. Untuk tidakan pemulihan serta pencegahan, sebaiknya Anda sesuaikan latihan yang dilakukan dengan kemampuan tubuh masing-masing.

Shin splints atau peradangan sepanjang tulang kering

Lebih dikenal sebagai medial tibial stress syndrome (MTSS) nyeri tersebut akan terasa di daerah tulang kering. Dan jika tidak diobati, shin splints ini dapat mengakibatkan hal yang cukup serius, yaitu patah tulang, lho! Stres berlebih pada otot atau stres berulang pada jaringan ikat di lutut dan pergelangan kaki biasa dialami oleh pelari jarak jauh. Hindari berlari di trotoar.

Jangan Abaikan Cedera Kecil ini Saat Olahraga! | Breaktime
Peregangan yang baik dapat mengatasi cedera olahraga

Rotator cuff impingement

Tendon yang melekat dan mengelilingi tubuh bagian atas, belakang dan depan bahu selalu digunakan di hampir setiap gerakan olahraga. Tanpa pemanasan dan latihan yang tepat, cedera sangat mudah terjadi. Gerakan maju, seperti bench-press merupakan penyebab umum yang menimbulkan nyeri. Jika Anda terus melakukan gerakan setelah cedera, daerah tersebut akan meradang dan semakin sakit.

Setelah mengetahui bebrapa cedera kecil olahraga yang sebenarnya tidak boleh disepelekan, Anda bisa lebih berhati-hati dalam latihan fisik, ya, B’timers? (NO)

Share This Article