Intip Tips Ampuh Mengatur Pola Makan Sehat | Breaktime
Intip Tips Ampuh Mengatur Pola Makan Sehat
30.04.2017

B’Timers, apakah saat ini Anda sedang merencanakan program diet, atau bahkan saat ini Anda tengah menjalaninya? Memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang ideal memang tidak dapat didapatkan dalam waktu semalam, dan dibutuhkan dedikasi ekstra untuk sukses. Akan tetapi mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa berat badan Anda tidak kunjung turun, atau berat badan Anda terus menerus dalam keadaan naik-turun, padahal Anda sudah berusaha untuk mengikuti program diet yang Anda tentukan. Hmmm, bisa jadi kesalahan tidak terletak pada pola makan sehat Anda, melainkan Anda melewatkan beberapa tips pola makan untuk diet di bawah ini. Yang walaupun terdengar sepele ternyata hal-hal tersebut memegang peranan yang sangat penting lho.

Baca juga: MENU DIET HEALTHY UNTUK BENTUK BERAT BADAN IDEAL

  • Hayo, Don’t Starve Yourself

Pola makan untuk diet sesehat apapun tidak akan berguna apabila Anda membiarkan diri Anda menunggu hingga Anda merasa sangat lapar untuk makan. Pasalnya, ketika Anda kelaparan, Anda akan kelabakan mencari makanan yang dapat memuaskan rasa lapar Anda. Anda tidak akan dapat berpikir jernih saat Anda lapar, sehingga seringkali Anda membuat poor judgment dengan menyantap makanan yang menyimpang jauh dari pola makan sehat yang sudah Anda rencanakan.

Maka dari itu, B’Timers, saat Anda mulai merasakan lapar jangan tahan rasa lapar Anda. Mengkonsumsi camilan menyehatkan seperti buah-buahan, sayuran, biskuit gandum, atau yoghurt dapat membantu mengenyangkan perut Anda sementara hingga jam makan selanjutnya tiba tanpa Anda harus merasa khawatir tentang tambahan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: JANGAN SALAH, YA? INI CARA DIET YANG TEPAT, LHO!

  • Dehidrasi Is A Big No-No

Anda bisa saja sudah mulai memperbaiki pola makan Anda dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan, akan tetapi jika Anda masih sering minum minuman dengan kadar gula tinggi atau berkafein seperti teh dan kopi, maka Anda akan kembali ke angka nol. Daripada mengkonsumsi minuman-minuman tersebut, air putih merupakan pilihan yang lebih tepat untuk menghilangkan dahaga Anda setelah berolahraga.

Air putih dapat membantu menghidrasi tubuh sekaligus membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga semakin mempercepat proses pembakaran lemak jahat. Meminum segelas air sebelum Anda makan juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih cepat sehingga Anda pun terhindar dari resiko makan terlalu banyak atau mengemil setelah makan. 

Intip Tips Ampuh Mengatur Pola Makan Sehat | Breaktime
Yuk terapkan pola makan sehat sejak sekarang
  • Ingat, Kualitas Lebih Penting dari Kuantitas

Hayo, apakah B’Timers termasuk pelaku diet yang seringkali terlalu memusingkan soal asupan kalori ke dalam tubuh? Well, Anda tidak sendirian kok. Karena buktinya cukup banyak orang yang mengasosiasikan diet dengan menghabiskan waktu menimbang-nimbang kalori sehingga seringkali fokus utama dari diet tersebut terlupakan, yaitu soal nutrient balance.

Untuk berfungsi dengan baik, tubuh Anda membutuhkan jumlah yang seimbang dari masing-masing nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak dan serat. Apabila Anda terlalu fokus terhadap penghitungan kalori dan bahkan menghilangkan salah satu nutrisi kebutuhan tubuh tersebut maka yang terjadi adalah sistem metabolisme tubuh akan terganggu sehingga menghalangi proses pembakaran lemak. Jadi, daripada Anda menghabiskan waktu dengan melihat kolom kalori pada bungkus produk makanan yang Anda konsumsi ada baiknya Anda lebih berfokus untuk menyantap kombinasi makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang.

Baca juga: FAST FOOD INI BISA ANDA MAKAN KETIKA DIET CARBO!

  • Selalu Mulai Hari Dengan Sarapan

Nah, ini juga merupakan salah satu poin penting yang wajib Anda terapkan dalam pola diet sehat Anda, yaitu jangan pernah melewatkan sarapan. Anda membutuhkan energi yang cukup agar Anda dapat beraktivitas dengan maksimal. Melewatkan rutinitas sarapan pagi tidak hanya mengakibatkan Anda merasa lemas dan mengakibatkan menurunnya tingkat fokus, tetapi juga akan mengakibatkan Anda mengkonsumsi lebih banyak camilan yang tidak sehat, atau bahkan makan berlebihan saat jam makan siang tiba.

Pola makan sehat memang sangat diperlukan untuk kesuksesan dalam berdiet. Akan tetapi, selain memperhatikan pola makan untuk diet Anda juga wajib memperhitungkan kebutuhan serta kemampuan tubuh Anda. Berkonsultasi dengan ahli nutrisi dapat membantu Anda menemukan program diet yang sesuai dan efektif. Selamat berjuang, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE