Inilah Alasan Kenapa Gorengan Picu Kegemukan! | Breaktime
Inilah Alasan Kenapa Gorengan Picu Kegemukan!
01.06.2015

Rasanya yang gurih serta nikmat membut gorengan enak di santap hangat-hangat. Banyak orang sebenarnya sudah mengetahui terlalu banyak mengonsumsi gorengan akan menyebabkan berbagai masalah, namun tidak mengetahui alasan sesungguhnya yang melatarbelakangi hal tersebut. Oleh sebab itu Breaktime akan sedikit memberikan penjelasan secara sederhana agar mudah untuk dimengerti dan dipahami.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dariush Mozaffarian, M.D., Dr.P.H. dkk dari Harvard School of Public Health menemukan the top foods yang akan membuat Anda mengalami kenaikan berat badan secara cepat. Dan hasilnya tidak terlalu mengejutkan sebagian besar hipotesis bisa dibilang benar. Penelitian tersebut mengambil data sejumlah 120.000 orang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang tidak memiliki riwayat penyakit serius dan disuruh untuk mengisi kuisioner.

Kentang goreng memang enak, namun kurangi konsumsinya agar tidak kegemukan
Kentang goreng memang enak, namun kurangi konsumsinya agar tidak kegemukan

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa kenaikkan berat badan yang dari tahun 1986-2006 rata-rata sebesar 17 pound atau sekitar 8 kg. Dalam setiap periode yang dihitung selama 4 tahun sekali, kenaikkan berat badan kira-kira sebesar 3 pound atau sekitar 1,5 kg. Dan setelah ditelusiri ternyata faktor terbesar yang menyebabkan kenaikan berat badan adalah makanan. Dan makanan yang sangat mempengaruhi adalah berbagai keripik dan juga gorengan.

Kenapa keripik dan juga gorengan menjadi salah satu pemicu kenaikan berat badan secara drastis? Hal ini dikarenakan gorengan dan keripik diproses menggunakan minyak goreng yang sudah menjadi rahasia umum jika memiliki banyak sekali kalori di dalamnya. Bayangkan saja, dalam satu sendok makan minyak goreng yang B’timers konsumsi terdapat 117 kalori dan 13,6 lemak murni. Selain itu minyak goreng juga mengandung saturated fatty acid (asam lemak jenuh).

Saturated fatty acid merupakan lemak jahat yang dapat menimbulkan berbagai masalah penyakit yang serius, contohnya saja jantung dan juga kanker. Tidak hanya menyebabkan kegemukan saja, gorengan bisa membuat hidup Anda dalam bahaya. Oleh sebab itu kurangi konsumsi gorengan dan eat your veggie, B’timers!

Share This Article