Ini yang Terjadi Jika Anda Kurangi Konsumsi Gula | Breaktime
Ini yang Terjadi Jika Anda Kurangi Konsumsi Gula
31.01.2016

Hai, B’timers. Anda tentu sudah tahu bukan, bahwa mengurangi konsumsi gula adalah salah satu aturan yang harus diterapkan untuk menurunkan berat badan? Ya, mengkonsumsi terlalu banyak gula akan membuat tubuh jadi mudah gemuk. Namun, tahukah Anda segudang manfaat dari mengurangi konsumsi gula yang lain?

Berikut ini 5 manfaat mengejutkan yang akan dapatkan jika Anda mengurangi dan membatasi asupan gula untuk tubuh Anda. Yuk, intip ulasannya!

Ini yang Terjadi Jika Anda Kurangi Konsumsi Gula | Breaktime
Gula dari soda adalah menyebab jerawat yang jahat

Terhindar dari risiko diabetes

Ini tentu adalah informasi yang sudah umum dan tak baru lagi bagi Anda. Mengonsumsi gula yang tidak terlalu banyak akan menghindarkan Anda dari risiko terserang diabetes. Sebuah penelitian tentang gula yang dilakukan di 175 negara menemukan bahwa mengonsumsi 150 kalori gula berpotensi 11 kali lebih banyak terserang diabetes daripada mengonsumsi 150 kalori yang didapat dari protein dan lemak.

Mengurangi jerawat

Percaya atau tidak, mengurangi konsumsi gula akan membuat jerawat sulit tumbuh di wajah Anda. Sebuah research yang diterbitkan di American Journal of Nutrition Research menyebutkan bahwa mereka yang mendapatkan asupan gula dari minuman bersoda akan berpotensi ditumbuhi jerawat hingga 87 persen! Prosentase yang fantastis, bukan?

Ini yang Terjadi Jika Anda Kurangi Konsumsi Gula | Breaktime
Mengurangi gula bisa meminimalisir kecemasan dan perasaan mudah marah

Lebih mudah untuk tersenyum

Sulit menghindari gula bagi mereka yang suka makanan manis itu hal yang normal. Tetapi, sekali Anda lebih memperbaiki asupan gula Anda, Anda akan merasa lebih baik dari sebelumnya. Sebuah penelitian di Columbia University menemukan bahwa wanita yang suka makanam manis dengan banyak gula lebih mungkin untuk mengalami kecemasan, mudah marah dan perubahan suasana hati. Nah, jika Anda membatasi konsumsi gula Anda, B’timers akan terlihat lebih muda karena jadi gampang tersenyum.

Terhindar dari insomnia

Satu hal yang patut Anda perhatikan saat Anda terserang insomnia adalah menilik kembali berapa banyak gula yang Anda konsumsi setiap hari. Cobalah untuk mengurangi asupan gula yang berlebihan agar tidur Anda nyenyak dan tepat waktu.

Ini yang Terjadi Jika Anda Kurangi Konsumsi Gula | Breaktime
Dapatkan tidur yang berkualitas dengan mengurangi asupan gula

Ingatan lebih kuat

Jika Anda adalah orang yang mudah lupa, gula sepatutnya Anda salahkan. Sebuah studi di UCLA menemukan bahwa konsumsi gula berlebih bisa menghambat perkembangan daya ingat dan mempercepat penurunan daya ingat. Jika tak segera dikurangi, gula bisa semakin merusak komunikasi dan hubungan antar sel dalam syaraf otak.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus berhenti mengonsumsi gula sama sekali ya, B’timers. Gula tetap saja dibutuhkan tubuh untuk sumber energi, meningkatkan tekanan darah dan lain sebagainya. Jadi, konsumsi seperlunya dan hindari kata berlebihan dalam hal apapun untuk hidup lebih sehat! (nap)

Share This Article