Ini Tandanya Anda Mengalami Dehidrasi | BREAKTIME
Ini Tandanya Anda Mengalami Dehidrasi
04.03.2015

Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. Kalimat ini pasti sudah sering B’timers dengar hingga kadang merasa bosan. Tapi jangan cuma tahu saja ya, Anda juga wajib mempraktikkan hal tersebut untuk menghindari dehidrasi. 

Jangan bayangkan dehidrasi hanya bisa menyerang mereka yang tidak minum air selama berhari-hari atau bertempat tinggal di lokasi kering. Anda pun sangat mungkin mengalaminya, meski kadang tidak menyadarinya. Sebab, ada begitu banyak gejala dehidrasi yang sepele sehingga sering tidak disadari seperti yang Breaktime rangkum berikut ini:

Kulit kering

Kekurangan air putih akan membuat kondisi kulit menjadi kering. Ada cara mudah untuk mendeteksi kulit kering ini, caranya adalah tarik perlahan kulit punggung tangan Anda. Jika kembali ke posisi semula dengan cepat berarti tubuh tidak mengalami dehidrasi. Namun jika kembalinya sangat lambat itu berarti kulit sedang mengalami dampak dari kekurangan cairan dalam tubuh. 

Nafas bau

Respon tubuh yang satu ini terjadi karena banyaknya bakteri dalam mulut yang diakibatkan berkurangnya produksi air liur yang memiliki fungsi antibakteri. Produksi air liur sengaja ‘dihambat’ oleh tubuh karena tubuh sendiri mengalami kekurangan cairan.

Ingin makan sesuatu yang manis

Dalam hal ini, beberapa organ tubuh seperti halnya hati yang sangat memerlukan bantuan air untuk melepaskan glycogens dan berbagai komponen lainnya kesulitan menyebarkan pasokan glycogen ke seluruh tubuh. Nah, karena pasokan gula tersebut terhambat akibat kekurangan air, tubuh B’timers merespons dengan meminta asupan yang manis-manis sebagai sumber glycogen. 

Tampak sepele, namun akan sangat berbahaya jika tanda-tanda tersebut diabaikan begitu saja, maka dari itu, pastikan B’timers membawa sebotol air putih saat sedang beraktivitas. Perbanyak pula asupan sayur dan buah yang tinggi kandungan air seperti kol, semangka, dan juga jeruk. Selain itu, perbanyak lagi wawasan Anda mengenai berbagai manfaat air untuk tubuh dan kehidupan.

Share This Article