Ini Rahasia Setiap Nutrisi Dalam Makanan Kemasan | Breaktime
Ini Rahasia Setiap Nutrisi Dalam Makanan Kemasan!
26.10.2017

Banyak di antara B’timers pasti bertanya-tanya tentang kandungan gizi sebuah makanan, khususnya untuk Anda yang menerapkan pola hidup sehat. Saat membeli sebuah makanan kemasan, kita pasti secara otomatis akan bertanya, seberapa sehatkah makanan ini? Kemudian kita akan mulai membalikkan bungkus makanan dan melihat kandungan gizi yang tertera di bungkus bagian belakang. Panel nutrisi yang ada pada kemasan makanan tentu sudah disahkan oleh ahli gizi yang meneliti makanan tersebut sebelum diedarkan.

Sayangnya banyak di antara kita yang masih awam dengan hal tersebut. Istilah-istilah gizi mungkin telah banyak Anda dengar. Namun apakah Anda memahami fungsi dan persentase angka gizi yang ada dalam produk makanan kemasan?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Melangsingkan Perut Ini Ternyata Cuma Mitos

Hal pertama yang akan Anda lihat adalah tulisan serving size. Untuk apakah serving size tersebut? Bagian ini akan menjelaskan pada Anda total ukuran untuk single serving atau produk tunggalnya dan berapa jumlah jika dihitung per paketnya. Selanjutnya, barulah Anda akan dijelaskan berapa persentase angka untuk setiap kandungan nutrisinya.

Biasanya ukuran kalori yang terkandung dalam makanan akan disebutkan terlebih dahulu. Ketika Anda melihat angkanya, Anda bisa menyimpulkan apakah makanan tersebut menyehatkan. Jumlah kalori mencantumkan total kalori dan kalori yang hanya dari lemak. Ini kalori untuk satu porsinya saja lho.

Selanjutnya adalah lemak. Ada beberapa jenis lemak yang tercantum dan mungkin sedikit membingungkan. Trans fat adalah jenis lemak yang harus dihindari karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ada juga lemak jenuh yang ternyata akan menjadi padat dalam suhu ruangan dan juga tidak baik untuk dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi. Sedangkan lemak tak jenuh akan mencair pada suhu kamar dan ini yang paling sehat untuk dikonsumsi.

Ini Rahasia Setiap Nutrisi Dalam Makanan Kemasan | Breaktime
Membaca nutrisi pada makanan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Informasi tentang Yoga Unik nan Challenging

Kolesterol juga bisa Anda temui dalam makanan kemasan. Sebenarnya kolesterol secara alami juga sudah ada dalam tubuh manusia, tetapi jika Anda mengonsumsi lebih banyak makanan mengandung kolesterol justru akan sangat berbahaya. Nah, Anda bisa mengetahui jumlah kolesterol dengan angka yang tertera pada makanan.

Selain itu, sodium atau garam juga bisa ditemui. Nah, jumlah sodium yang sangat tinggi biasanya ada pada makanan pra-kemasan. Karbohidrat dan protein pun akan selalu ditemui dalam makanan. Karbo sangat penting untuk meningkatkan energi pada tubuh. Pada kemasan biasanya ada dua sub kategori, yaitu serat dan gula. Serat sangat penting untuk pencernaan dan kesehatan jantung, sedangkan gula sebaiknya harus dibatasi. Nah, kalau protein merupaka  nutrisi yang juga penting untuk dikonsumsi. Protein berfungsi untuk sebagian besar tubuh dalam membangun dan memperbaiki otot.

Jangan lupakan vitamin dan mineral. Anda biasanya akan menemukan kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk tubuh. Jika tidak mengandung semua nutrisi tersebut, itu artinya makanan tersebut memang tidak mengandung vitamin dan mineral.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cepat Langsung Dengan Jus Untuk Diet Ini!

Dan yang terakhir adalah membaca persentase gizi hariannya. Misalnya, jika kandungan natrium 50%, itu berarti Anda akan mengonsumsi 50% dari jumlah sodium yang dibutuhkan untuk hari itu. Ingatlah bahwa persentase ini didasarkan pada diet 2.000 atau 2.500 kalori, sehingga Anda harus menyesuaikan berapa kebutuhan kalori Anda setiap harinya.

Sekarang setelah mengetahui informasi tentang bagaimana membaca gizi pada makanan, Anda bisa membatasi hal-hal yang memiliki efek negatif pada tubuh untuk tetap sehat hingga hari tua nanti. Hanya saja, itu belum cukup. B’timers harus memberikan perlindungan lebih pada tubuh untuk hari tua yang bahagia dengan klik di sini



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE