Alasana Kenapa Karbohidrat Sangat Penting | BREAKTIME
Ini Pentingnya Karbohidrat untuk Tubuh
28.02.2015

Karbohidrat merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menyuplai energi. The Institute of Medicine menyarankan untuk memenuhi 45 sampai 65 % kebutuhan kalori dengan karbohidrat. Lalu apa sih, sebenarnya manfaat karbohidrat untuk tubuh? Yuk, simak informasi menarik yang sudah dirangkum Breaktime berikut ini:

Energi Suplay

Ini Pentingnya Karbohidrat untuk Tubuh

Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi gula yang kemudian berubah menjadi glukosa. Tubuh membutuhkan glukosa untuk diubah menjadi energi yang penting untuk menjalankan segala aktivitas. Jika kekurangan karbohidrat, dapat menyebabkan tubuh lemah, lesu, dan kurang konsentrasi.

Weight Control

Ini Pentingnya Karbohidrat untuk Tubuh

Saat diet, banyak orang mengurangi asupan karbohidrat karena dianggap memicu kenaikan berat badan. Ternyata hal ini salah, karena karbohidrat justru akan membantu tubuh untuk mengontrol berat badan. Karbohidrat membuat Anda cepat kenyang dan bisa bertahan dalam waktu lama.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ini Pentingnya Karbohidrat untuk Tubuh

Konsumsilah sumber karbohidrat yang berasal dari bahan-bahan alami seperti buah segar, sayur, gandum, dan quinoa. Hindari karbohidrat yang berasal dari produk olahan dan siap saji seperti junk food, cookies, cake, dan ice cream. Sebab, makanan tersebut umumnya mengandung banyak lemak dan tinggi gula.

Menjaga Sistem Pencernaan

Ini Pentingnya Karbohidrat untuk Tubuh

Mencukupi kebutuhan karbohidrat dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan maag. Karbohidrat tergolong mineral yang tidak gampang larut dalam air sehingga mudah diserap tubuh dengan baik. Bukan hanya serat saja yang membantu mengurangi risiko sembelit, tetapi asupan karbohidrat yang baik dapat melancarkan buang air besar.

Nah, itulah beberapa manfaat baik yang bisa diperoleh dari karbohidrat. Bukan hanya melindungi tubuh dari bahaya sakit jantung saja, tetapi dapat menghindarkan dari penyakit diabetes tipe 2 dan obesitas. Namun apabila konsumsinya melebihi porsi yang seharusnya, dapat menimbulkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

Untuk itu, imbangilah dengan banyak minum air putih dan olahraga teratur agar tubuh tetap sehat. Olahraga ringan sebelum berangkat ke kantor seperti jogging atau lari di treadmill jugasudah cukup lho, B’timers!

Share This Article