Ini Manfaat Rahasia Mengonsumsi Makanan Berlemak | Breaktime
Ini Manfaat Rahasia Mengonsumsi Makanan Berlemak
12.05.2016

Tak bisa dihindari, makanan berlemak memang punya rasa yang lezat dan gurih. Sulit ditolak dan diabaikan, makanan seperti daging, alpukat, salmon, kacang, telur, keju, cokelat, semuanya yang enak dan nikmat. Meski makanan-makanan tersebut terkesan berat, namun makanan berlemak sebenarnya baik untuk dikonsumsi, lho. Kok bisa?

Ya, lemak sebenarnya punya manfaat rahasia untuk kesehatan tubuh, seperti berikut:

Sistem tubuh yang lebih baik

Pada dasarnya, tubuh juga butuh lemak untuk menjalankan sistem yang berjalan di dalam dengan optimal. Konsumsi lemak sehat membantu meningkatkan metabolisme, menyeimbangkan hormon, serta mengatasi rasa lapar yang terjadi terus-menerus.

Meningkatkan massa otot

Lemak bisa membantu diet dengan cara meningkatkan massa otot, sehingga Anda dapat mengoptimalkan manfaat dari sesi latihan olahraga Anda. Pria akan dapat membentuk otot hingga kekar, sedangkan wanita akan memiliki lekuk tubuh yang semakin indah dan seksi.

Lebih mudah mengusir lemak

Mengonsumsi cukup lemak dan mengurangi karbohidrat bisa membantu mengusir lemak dengan lebih mudah, serta meningkatkan metabolisme, sehingga Anda bisa me-maintain tubuh ideal Anda dalam jangka panjang.

Kesehatan reproduksi jadi lebih baik

Asupan lemak “baik” dapat membantu meningkatkan kesehatan reproduksi, memperkuat libido, membuat performa atletis jadi lebih baik, bahkan mengurangi lemak jahat.

Ini Manfaat Rahasia Mengonsumsi Makanan Berlemak | Breaktime
Makanan berlemak juga baik dan menyehatkan tubuh, kok!

Meningkatkan fungsi otak dan mood

Pastikan Anda konsumsi cukup DHA serta lemak jenuh, sebagai asupan yang bisa membantu fungsi kerja otak agar maksimal. Sebaiknya konsumsi lemak omega-3 dan lemak omega-6 dengan perbandingan porsi 2:1.

Menguatkan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis

Lemak sehat dan lemak tak jenuh tunggal baik dikonsumsi jika jumlahnya tepat, lho, karena kandungan vitamin D dan K2-nya. Konsumsilah omega-3 hingga omega-6 untuk sehatkan tulang dengan optimal.

Meningkatkan sistem kekebalan

Lemak jenuh jika dikonsumsi dalam porsi wajar dapat membantu Anda menjalankan kebiasaan makan dan pola hidup sehat. Lemak jenuh dapat membunuh patogen, sejenis virus dan bakteri, serta mencegah infeksi.

Kulit dan mata jadi lebih sehat

Kulit dan mata kering biasanya disebabkan kekurangan asam lemak. Konsumsi minimal 3 gram omega-3 setiap hari dan makan berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh, karena kayanya kandungan vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak, dapat membantu memproduksi pelumas dalam sistem tubuh.

Jadi, jangan ragu dan takut mengonsumsi makanan berlemak. Tapi, tetap perhatikan jenis lemak yang dikonsumsi ya, B’timers! (md)

Share This Article