Ini Lho 7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asma | Breaktime
Ini Lho 7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asma
20.01.2016

Olahraga adalah hal yang penting yang harus Anda lakukan jika Anda ingin selalu hidup sehat dan bugar. Ada banyak sekali cabang olahraga sebagai pilihan untuk mendukung kesehatan Anda. Lantas bagaimana jika Anda menderita asma yang sangat riskan melakukan olahraga berat? Jangan khawatir, berikut ini adalah olahraga untuk penderita asma yang aman dan tak berbahaya.

Berenang

Ini Lho 7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asma | Breaktime
Udara lembab dan hangat di sekitar kolam tidak membuat asma Anda kambuh

Berenang adalah salah satu olahraga yang aman untuk dilakukan oleh para penderita asma atau sesak napas. Pasalnya, berenang tidak memerlukan aktivitas berat dan tenaga ekstra. Selain itu, udara yang lembab dan hangat di sekitar kolam renang tidak akan memicu kambuhnya sesak napas bagi para penderitanya.

Olahraga berkelompok

Ini Lho 7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asma | Breaktime
Anda bisa beristirahat selama bola diatasi rekan Anda

Olahraga yang memerlukan team work juga cocok untuk penderita sesak napas. Olahraga kelompok tersebut tentu saja seperti Baseball, sepakbola, basket atau voli. Anda hanya perlu berjalan ketika bola berada dalam pengawasan rekan Anda. Meski demikian, Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari latihan atau olahraga tersebut.

Seni bela diri

Kegiatan ini umumnya dilakukan di dalam ruangan. Gerakan singkat yang terdapat pada beladiri bisa membuat Anda semakin sehat, membangun otot, dan mungkin juga membantu Anda mengembangkan pola hidup sehat. Karena tidak memerlukan gerakan dengan pernapasan yang tinggi, olahraga ini jelas aman untuk penderita asma.

Yoga

Ini Lho 7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asma | Breaktime
Gerakan peregangan dan pernapasan baik untuk penderita asma

Berbicara tentang olahraga untuk penderita asma, tidak tepat jika tidak menyebutkan Yoga. Olahraga sati ini juga merupakan olahraga yang lebih sering di lakukan di dalam ruangan. Anda pasti sudah tahu dengan baik bahwa yoga adalah olahragayang lebih banyak melakukan gerakan peregangan dan pernapasan. Olahraga ini sama sekali tidak berat dan cocok untuk Anda yang mengalami gangguan pada pernapasan.

Bersepeda

Jika cuaca tepat dan mendukung, ini adalah cara yang bagus untuk para penderita asma tetap sehat tanpa mengganggu pernapasannya. Selain ringan, bersepeda santai juga bisa menjadi bentuk refreshing.

Jalan santai

Ini Lho 7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Asma | Breaktime
Selain menyehatkan juga bisa sebagai refreshing

Anda pasti setuju jika jalan santai juga disebut sebagai salah satu olahraga. Nah, berjalan santai di sekitar rumah juga bisa menjadi pilihan yang baik bagi para penderita sesak napas untuk melakukan olahrga.

Jogging

Jogging yang tepat untuk Anda yang menderita gangguan pernapasan harusnya di lakukan saat cuaca sedang hangat. Idealnya, bisa Anda lakukan di sore hari saat matahari mulai meluncur ke barat. Jika Anda ingin melakukannya di pagi hari, lakukan di atas treadmill di ruang fitness Anda. Selain lebih aman, Anda juga bisa mengatur kecepatan sesuai dengan kemampuan Anda.

Demikian adalah informasi tentang olahraga untuk penderita asma. Semoga bisa membantu Anda menemukan olahraga yang tepat dan aman demi hidup sehat Anda. (nap)

Share This Article