Ini Cara Mudah Kurangi Asupan Karbohidrat Anda | Breaktime
Ini Cara Mudah Kurangi Asupan Karbohidrat Anda
01.04.2016

Mayoritas orang Indonesia memang tidak bisa lepas dari karbohidrat. Ditambah lagi makanan pokok B’timers adalah nasi yang kaya akan karbohidrat dan sedikit nutrisi, tidak heran jika banyak kasus overweight maupun obesitas berseliweran di sekitar Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus melakukan sedikit pengorbanan dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Nah, Breaktime akan memberikan cara mudah kurangi karbohidrat harian Anda seperti berikut:

Step 1. Pahami kinerja karbohidrat

Sebagai salah satu makronutrisi dari pola makan manusia, karbohidrat berfungsi baik untuk pertumbuhan dan metabolisme tubuh Anda. Biasanya ditemukan dalam makanan bertepung seperti roti, pasta dan nasi. Ternyata dalam buah dan sayur juga terkandung karbohidrat, lho!

Ini Cara Mudah Kurangi Asupan Karbohidrat Anda | Breaktime
Makanan berkarbohidrat memang menggiurkan sekaligus mengenyangkan

Masalahnya adalah bagaimana Anda mengetahui perbedaan mendasar dari karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat sederhana terbuat dari biji-bijian olahan yang biasa ditemukan pada roti tawar dan makanan olahan lainnya. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat jenis ini akan membuat berat badan B’timers meningkat dan terkena risiko diabetes.

Sedangkan untuk karbohidrat kompleks biasanya jarang melalui pengolahan yang rumit. Selain itu, karbohidrat kompleks lebih banyak mengandung serat dan nutrisi yang B’timers butuhkan. Biasanya ditemui pada produk olahan gandum, sayuran, buah, dan biji-bijian.

Step 2. Mulai diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat dapat menjadi solusi bagi B’timers yang terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat selama ini. Beberapa orang yang telah mencoba diet rendah karbohidrat ini, kebanyakan memutuskan untuk benar-benar menghapus karbohidrat dari menu makanannya dan menggantinya dengan protein. Efektifkah salah satu cara mudah kurangi karbohidrat ini?

Ini Cara Mudah Kurangi Asupan Karbohidrat Anda | Breaktime
Jangan sepenuhnya menghilangkan karbohidrat dari asupan makanan harian Anda, ya!

Well, setiap tubuh orang berbeda-beda asupan nutrisinya dan aktivitas sehari-harinya. Bisa saja B’timers merupakan salah satu orang yang aktif bergerak ke sana kemari sehingga karbohidrat yang Anda makan tidak tersimpan menjadi lemak namun justru menjadi energi. Diet ini sangat bergantung dengan gaya hidup Anda pula.

Untuk B’timers yang ingin memulai diet rendah karbohidrat sebaiknya jangan langsung menghapus seluruh makanan berbau karbohidrat dalam nutrisi Anda. B’timers dapat mengganti roti tawar, nasi, kulit pizza, biskuit, dan pancake dengan kacang-kacangan, roti gandum, nasi merah dan oats. Hal ini untuk tetap memberi Anda energi lebih dari karbohidrat kompleks tersebut.

Ini Cara Mudah Kurangi Asupan Karbohidrat Anda | Breaktime
Atur dan taati pola hidup sehat yang Anda jalani

Mengurangi asupan karbohidrat bukan hanya berdampak baik pada penurunan berat badan B’timers saja. Tetapi lebih ke pola hidup yang sehat dan teratur. Dengan begitu, Anda akan jarang terjangkit penyakit yang mengancam di kemudian hari. Ikuti cara mudah kurangi karbohidrat dari Breaktime tadi, ya. Have a healthy life, B’timers!  (ft)

Share This Article