Ini Bukti Kopi Mampu Bantu Turunkan Berat Badan | Breaktime
Ini Bukti Kopi Mampu Bantu Turunkan Berat Badan
16.04.2016

Memang luar biasa kekuatan kopi. Selain memberi efek relaksasi untuk Anda ketika sedang suntuk, kopi rupanya juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Linus Pauling Institute menjelaskan bahwa jika dikonsumsi dalam jumlah yang benar, kopi dapat meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan serta menurunkan risiko penyakit hati dan juga diabetes tipe 2. Hebatnya lagi, ternyata kopi turunkan berat badan juga, lho! Kok bisa?

Mengandung 0 kalori

Tahukah Anda bahwa secangkir kopi mengandung 0 kalori jika Anda mengonsumsinya tanpa gula dan creamer? Kopi hitam tanpa gula inilah yang terbaik untuk menurunkan berat badan. Perlu Anda catat, secangkir kopi dengan 2 sendok gula mengandung 69 kalori. Karena rata-rata orang di Indonesia minum 2 cangkir kopi dalam sehari, artinya mereka memasukkan 138 kalori dari kopi saja. Belum dari makanan lainnya.

Ini Bukti Kopi Mampu Bantu Turunkan Berat Badan | Breaktime
Secangkir kopi hitam mengandung 0 kalori

Nah, jika Anda mampu, cobalah untuk beralih dari kopi manis ke kopi hitam tanpa gula setiap hari selama satu tahun. Dengan demikian Anda akan menghemat lebih dari 50.000 kalori yang setara dengan 7 kilogram berat badan Anda. Mungkin Anda berpikir itu hanya 7 kilogram? Well, jangan underestimate terhadap 7 kilogram, B’timers. Itu adalah jumlah yang sangat sulit ditaklukkan sebagian besar orang bahkan dengan diet ketat sekalipun.

Manfaat tersembunyi kafein

Kandungan terbesar dalam segelas kopi adalah kafein. Sayangnya, kafein sering dikambinghitamkan sebagai penyebab munculnya beberapa penyakit tertentu. Meski terlalu dini untuk menyebutkan bahwa kafein dalam kopi efektif untuk menurunkan berat badan, namun riset kecil yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2010 menemukan peran kafein dalam meningkatkan thermogenesis. Thermogenesis adalah sebuah proses yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Meskipun demikian, sebuah laporan dari International Journal of Obesity yang diterbitkan pada tahun 2010 menyangkal efisiensi kafein dari kopi hitam untuk menurunkan berat badan. Mereka mencatat bahwa senyawa termogenik (seperti kafein) hanya bekerja pada orang-orang tertentu dan belum tentu efisien untuk orang lain. Jadi, saat itu banyak peneliti menghimbau untuk tidak hanya hanya mengandalkan manfaat kopi turunkan berat badan.

Ini Bukti Kopi Mampu Bantu Turunkan Berat Badan | Breaktime
Kopi dapat menurunkan risiko obesitas

Pendapat tersebut kemudian terpatahkan setelah di tahun 2015 penelitian terbaru mengungkap manfaat kafein untuk menurunkan berat badan. Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Epidemiology tersebut meneliti kebiasaan makan 93.000 orang yang berkaitan dengan konsumsi kopi. Peneliti menemukan bahwa mereka yang minum kopi di pagi hari memiliki risiko yang lebih rendah dari obesitas dan lebih efektif dalam pembakaran kalori di siang harinya.

Hmmm, Anda tertarik untuk melakukan diet dengan kopi, B’timers? Karena kopi turunkan berat badan, tak ada salahnya bersahabat dengannya, ya! (nap)

Baca juga : KREASI LATTE ART YANG BIKIN KOPI MAKIN MENGGODA

Share This Article