Ini Alasan Selalu Ingin Makan Walau Tidak Lapar | Breaktime
Ini Alasan Selalu Ingin Makan Walau Tidak Lapar
13.03.2016

Kita semua pernah melakukannya. Ya, bahkan Anda sendiri tidak menyadari ketika hal tersebut terjadi. Misalnya ketika bosan, dan melewati toples keripik kentang, Anda meraih segenggam. Atau saat merasa lesu di sore hari, Anda pergi ke minimarket terdekat dan membeli sebungkus permen cokelat.

Anda tidak asing dengan kebiasaan tersebut, B’timers? Kebiasaan ini bisa memberi pengaruh buruk pada tubuh dan kesehatan Anda, lho! Wah, sebenarnya apa sih, alasan selalu ingin makan walau tidak lapar?

Untuk mengatasi emosi

Senang, sedih atau marah menjadi pemicu munculnya keinginan untuk makan, meskipun Anda tidak benar-benar lapar, B’timers. Benar, saat Anda tidak bisa mengendalikan emosi, maka emosi yang akan mengendalikan diri Anda. Dan kebanyakan dari kita tidak menyadari hal itu. Coba Anda alihkan dengan berkumpul bersama sahabat.

Ini Alasan Selalu Ingin Makan Walau Tidak Lapar | Breaktime
Ketika marah nafsu makan bisa meningkat

Saat merasa bosan

Atau mungkin Anda bosan. Bagi banyak orang, makan adalah solusi terbaik untuk keluar dari kebosanan. Wah, artinya Anda harus mencari hobi baru, B’timers. Misalnya menulis jurnal atau blog, membaca buku, atau mungkin bermain layang-layang di luar. Makan tidak akan menarik jika Anda memiliki kesibukan yang menyenangkan.

Melihat orang lain makan

Ketika keluar menikmati makan malam dengan keluarga atau teman, Anda akan larut dengan keseruan bersama mereka. Dan Anda tanpa sadar ikut mengambil roti atau sepotong pizza ketika melihat yang lain melakukannya. Kebiasaan kita meniru tindakan orang lain dalam situasi inilah yang menjadi alasan selalu ingin makan walau tidak lapar, lho, B’timers!

Ini Alasan Selalu Ingin Makan Walau Tidak Lapar | Breaktime
Kebiasaan makan orang lain dapat menular

Karena makanan ada di hadapan

Pernah tidak merasa kantong biskuit di laci meja kantor memanggil, atau Anda merasa tidak berdaya untuk melewatkan makanan di pesta, meskipun sudah makan, B’timers? Ketika makanan di depan mata, akan sangat mudah bagi Anda untuk mengulurkan tangan dan mengambil segenggam. Apalagi jika Anda menyimpan sekaleng biskuit kesukaan di rak paling bawah.

Tidak dapat mengatakan tidak pada makanan

Terutama jika Anda adalah seseorang yang tidak bisa menolak, akan sangat mudah menerima tawaran makanan yang dibawa teman atau keluarga. Apalagi jika makanan itu terlihat lezat. Mungkin Anda harus mulai belajar untuk mengatakan tidak, B’timers. Atau seandainya tetap membawa pulang sekantong makanan, Anda bisa memberikannya pada tetangga.

Ini Alasan Selalu Ingin Makan Walau Tidak Lapar | Breaktime
Siapa dapat menolak godaan cookies cokelat yang lezat

Alasan lain mungkin karena harga makanan yang murah atau karena Anda merasa lelah. Dan jika Anda masih tidak mengetahui alasan selalu ingin makan walau tidak lapar, tetapi cobalah untuk mengendalikannya, B’timers. Atau Anda akan berakhir sebagai si gendut yang hobi ngemil. (NO)

Share This Article