Ingin Ramping Pasca Melahirkan? Gampaaang! | Breaktime
Ingin Ramping Pasca Melahirkan? Gampaaang!
06.05.2015

B’timers, memang tidak ada pil diet ajaib yang bisa mengembalikkan tubuh Anda seperti sebelum melahirkan. Diet sehat serta melakukan berbagai olahraga-lah yang bisa membantu mengembalikan bentuk tubuh ideal Anda. Namun, tentu saja Anda harus bersabar karena cara klasik tersebut baru menampakkan hasil dalam waktu yang lama. 

Nah, kunci untuk mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan ternyata justru dimulai sejak Anda masih mengandung. Sewaktu hamil, kenaikkan berat badan yang disarankan adalah sekitar 8-12 kg. Jika dihitung per bulannya hanya mengalami penambahan sekitar 1-2 kg saja. Untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami obesitas parah pasca melahirkan, M. Nurhadi Rahman, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan juga kandungan di RSUD Dr Sardjito, mengungkapkan bahwa sang ibu harus melakukan banyak persiapan mental maupun fisik dan mencukupi kebutuhan nutrisi selama hamil.

Melakukan yoga hamil untuk cepat ramping pasca melahirkan
Melakukan yoga hamil untuk cepat ramping pasca melahirkan

Untuk menjaga kondisi fisik agar tetap bugar, jangan berhenti berolahraga meski sedang hamil. Tapi ingat, lakukan olahraga ringan yang tidak membahayakan kesehatan Anda seperti senam hamil, yoga, jalan kaki, serta meditasi. Aktivitas semacam ini akan mempercepat proses kembalinya tubuh ke bentuk semula pasca melahirkan. Hal ini juga didukung oleh dr Sita Ayu Arumi, SpOG yang melakukan praktik di RSU Bunda Menteng Jakarta, bahwa melakukan aktivitas fisik selama hamil akan cepat memulihkan kondisi sang ibu. 

Selain melakukan berbagai aktivitas fisik, Anda yang sedang hamil disarankan untuk menyeimbangkan asupan makanan dengan komposisi nutrisi seimbang yang mencakup, karbohidrat, protein, vitamin, dan juga lemak.  Usahakan jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi berbagai makanan, supaya berat badan tidak meningkat drastis dan sulit dikembalikkan ke kondisi semula. 

Share This Article