Ingin Punya Ingatan Kuat, Konsumsi Makanan Ini | BREAKTIME
Ingin Punya Ingatan Kuat, Konsumsi Makanan Ini
22.03.2015

Jadi tua memang tak bisa dihindari, tapi jadi pikun cegah! Ya, dengan mengonsumsi makanan yang tepat, memori B’timers bisa ditingkatkan sehingga daya ingat akan tetap kuat meski usia semakin bertambah.

Ingin tahu makanan apa saja yang ampuh untuk mempertajam ingatan Anda? Simak informasi menarik dari Breaktime berikut ini:

Bayam

Salad bayam dengan tomat, kudapan sehat peningkat memori
Salad bayam dengan tomat, kudapan sehat peningkat memori

Bayam mengandung antioksidan dari jenis lutein, sebuah senyawa kimia  yang membantu melawan penurunan fungsi otak. James Joseph, seorang chief di Neurosciences Laboratory of the Human Nutrition Research Center on Aging, menemukan fakta menarik bahwa di dalam bayam terdapat kandungan folate yang bisa meningkatkan ingatan hingga 3 kali lipat dibandingkan sayuran lainnya. 

Dark Leafy Green

Collard greens, salah satu jenis sayuran kaya folat yang bisa pertajam ingatan
Collard greens, salah satu jenis sayuran kaya folat yang bisa pertajam ingatan

Seperti halnya bayam yang kaya akan folat, sayuran berwarna hijau tua seperti collard greens juga memiliki kandungan yang sama. Zat satu ini ini akan menghancurkan senyawa homocysteines yang bisa menyebabkan fungsi otak melemah dan memicu penyakit Alzheimers. Menurut Katherine Tucker, director of the dietary assessment research program at the Human Nutrition Research Center of Aging, akibat buruk yang ditimbulkan homocysteines tersebut bisa ditangkal dengan folat, vitamin B12, atau B6, yang banyak ditemukan pada collard greens dan Swiss chard. 

Kacang-kacangan, khususnya almond dan walnuts

Almond dan walnut dengan olive oil, pasangan pas untuk tingkatkan memori
Almond dan walnut dengan olive oil, pasangan pas untuk tingkatkan memori

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam kacang akan membantu meningkatkan fungsi otak. Hebatnya lagi, B’timers yang sedang diet tak perlu ragu menyantap almond dan walnut karena tidak mengandung lemak dengan jumlah yang tinggi seperti pada jenis kacang yang lain. 

Menambahkan kacang dalam sajian makan malam juga akan membuat Anda terhindar dari serangan kolesterol jahat. Hal ini disebabkan almond dan walnut memiliki banyak sekali kandungan antioksidan yang bisa menurunkan tekanan kolesterol serta mencegah pengaruh radikal bebas. 

Olah berbagai bahan untuk mempertajam ingatan tersebut dengan cara yang sehat agar kandungan vitaminnya tidak menguap saat dimasak. Bisa dengan cara dikukus atau juga dengan cara dibakar, yang penting usahakan untuk mengurangi proses memasak menggunakan minyak goreng ataupun margarin. Let’s have a healthy lifestyle!

Share This Article