Ingin Jadi Pelari yang Hebat? Lakukan Yoga! | Breaktime
Ingin Jadi Pelari yang Hebat? Sederhana Saja, Lakukan Yoga!
01.12.2015

Apa olahraga favorit B’timers? Mungkin Anda senang berolahraga rutin namun yang praktis dan ringan, seperti berjalan kaki, jogging dan berlari. Nah, bicara soal berlari, ada lho, trik sederhana untuk menjadikan Anda pelari yang hebat. Sehingga, Anda bisa mendapat manfaat kesehatan optimal sekaligus menjadi pelari yang handal.

Jawabannya, adalah dengan yoga. Really? Yes! Mungkin tak banyak dari Anda yang mengetahui manfaat ajaib yoga yang satu ini. Sebab, yoga dapat melatih kesabaran, kekuatan, kelenturan, ketahanan, fokus mental dan metode pernapasan Anda. Itulah mengapa yoga sangat baik bagi Anda yang hobi berlari. Lalu, bagaimana yoga menjadikan kita seorang pelari yang hebat?

Yoga melatih kekuatan

Berlari sendiri saja berarti melakukan gerakan yang sama berulang-ulang setiap hari. Berlatih yoga dapat mengimbangi kebiasaan lari Anda dengan meningkatkan kelenturan otot, sehingga menguatkan otot dan menyeimbangkan sistem tulang. Namun, yoga harus dilakukan dengan tepat agar tak membuat otot jadi terlalu mengencang.

Yoga membuat Anda berlari lebih cepat

Orang yang berlatih yoga dapat mengontrol pernapasan dan mengendalikan pernapasan mereka dengan gerakan yang dilakukan. Latihan ini sangat bermanfaat jika Anda ingin mempersingkat waktu berlari Anda. Jika sistem pernapasan Anda jadi lebih baik, maka kecepatan berlari juga akan meningkat.

Ingin Jadi Pelari yang Hebat? Lakukan Yoga! | Breaktime
Yoga dapat menjadikan Anda pelari yang tangguh dan hebat

Yoga meningkatkan ketahanan

Sangat mudah untuk merencanakan berlari dengan cepat dan menempuh jarak yang lebih jauh. Namun, memikirkan hasilnya cukup bisa membuat Anda frustrasi dan tak percaya diri, lho. Yoga dapat melatih Anda untuk berkonsentrasi terhadap proses berlari, dan itu pun bisa meningkatkan ketahanan tubuh Anda.

Yoga mencegah cedera

Terkadang Anda memaksakan diri untuk dapat mencapai goal lari. Namun, ini juga bisa lho, membuat Anda jadi cedera. Yoga akan mengajarkan Anda untuk mendengarkan tubuh Anda dan menghargai apa yang tubuh Anda butuhkan, ini bisa membantu memperkuat pergelangan kaki, lutut dan sendi pinggul.

Yoga dapat melatih mental

Berlari juga membutuhkan kekuatan mental, sama halnya seperti kekuatan fisik. Untuk fokus dan percaya diri, terutama jika Anda seorang pelari profesional, yoga dapat membantu Anda. Berlati yoga dapat membantu mengatasi tekanan yang terkait dengan kompetisi. Pikiran Anda akan lebih tenang dan lebih lega menghadapinya.

Nah, itulah manfaat yoga untuk B’timers yang merupakan seorang pelari.Tunggu apa lagi? Berlatihlah yoga mulai sekarang. (md)

Share This Article