Ikan Laut vs Ikan Tawar, Mana Yang Paling Sehat? | Breaktime
Ikan Laut vs Ikan Tawar, Mana Yang Paling Sehat?
24.05.2015

Ikan menjadi salah satu menu diet yang paling banyak disarankan oleh para ahli. Sejumlah dokter dari American Heart Association telah lama merekomendasikan ikan sebagai menu makanan sehat lantaran mengandung banyak asam lemak omega-3 yang mana nutrisi ini harus diasup tubuh setidaknya dua kali dalam sepekan.

Namun, ketika dihadapkan pada pilihan jenis ikan tawar atau ikan laut yang lebih utama untuk dikonsumsi, seringkali B’timers masih kebingungan untuk melakukannya. Well, menurut Dr.Ir.Nuri Andarwulan, MSc, seorang ahli pangan dari IPB, ikan laut mengandung omega 3 yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan ikan tawar.

Ikan laut memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuh secara lebih baik sehingga kandungan lemak atau minyak ikan akan tetap berada dalam keadaan cair sekalipun berada pada suhu laut dalam yang sangat rendah. 

Fillet salmon yang kaya akan omega-3
Fillet salmon yang kaya akan omega-3

Kendati demikian, ikan air tawar seperti gurami atau mujair juga memiliki omega-3 di dalamnya, hanya saja jumlahnya tak sebanyak ikan yang hidup di laut dalam seperti salmon dan tuna. Maka sangatlah lazim bila kedua ikan laut ini seringkali dibanderol dengan harga lebih tinggi daripada ikan air tawar.

Selain itu, sejumlah peneliti di University of Quebec yang diketuai oleh Philibert Aline tahun 2006 mengungkap bahwa kandungan omega-3 yang tinggi pada ikan laut berperan positif untuk menaikkan jumlah EPA dan DHA yang baik untuk perkembangan otak.

Soal desas-desus bahwa ikan laut mengandung logam berat seperti merkuri yang tak bagus bagi kesehatan, hal ini tak sepenuhnya benar. Dr. Nuri kembali menuturkan bahwa cemaran logam yang datang dari limbah daratan biasanya banyak terdeteksi di perairan sekitar teluk, bukan di laut lepas yang dalam.

Jadi, jenis ikan laut apakah yang hari ini akan siap B’timers olah untuk menjadi makanan sehat keluarga?

Share This Article