Hubungan Makan Terburu-buru dan Berat Badan Anda | Breaktime
Hubungan Makan Terburu-buru dan Berat Badan Anda
11.10.2016

Banyak orang yang mengonsumsi makanannya dengan cepat, bahkan tanpa berpikir. Padahal ini adalah kebiasaan yang sangat buruk, B’timers. Makan terlalu cepat dapat menyebabkan Anda makan berlebih, berat badan hingga obesitas, lho. Apalagi jika Anda terbiasa makan sambil menyelesaikan tugas kantor. Nah, berikut hubungan makan terburu-buru dan berat badan Anda yang wajib diperhatikan, B’timers!

Hubungan Makan Terburu-buru dan Berat Badan Anda | Breaktime
Makan di depan TV dapat berdampak buruk bagi kesehatan

Makan terlalu cepat membuat Anda makan berlebihan

Dalam dunia yang serba sibuk seperti sekarang ini, orang sering makan dengan cepat dan terburu-buru. Padahal otak membutuhkan waktu untuk memproses sinyal kenyang, B’timers. Setidaknya diperlukan 20 menit bagi otak untuk menyadari, bahwa Anda sudah merasa kenyang. Berdasarkan penelitian, orang yang makan dengan cepat, lebih berisiko mengalami berat badan berlebihan, lho.

Dapat meningkatkan berat badan berlebih dan obesitas

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan terbesar di seluruh dunia. Merupakan penyakit kompleks yang tidak hanya disebabkan oleh pola makan yang buruk. Melainkan juga tubuh yang tidak aktif serta kurangnya kemauan untuk berubah. Selain itu, ternyata kebiasaan makan terlalu terburu-buru berisiko untuk meningkatkan berat badan seseorang, bahkan hingga obesitas, B’timers.

Baca juga : TIPS TURUNKAN BERAT TANPA MENGONTROL NAFSU MAKAN

Risiko lain bagi kesehatan dari kebiasaan makan cepat

Selain hubungan makan terburu-buru dan berat badan, kebiasaan ini juga dapat mendatangkan masalah kesehatan lainnya, B’timers. Salah satu studi, mengaitkan bahwa ternyata makan terlalu cepat juga bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Tak hanya itu, mereka yang terbiasa makan cepat berisiko terhadap kesehatan jantung dan juga lebih memungkinkan memikiki sistem pencernaan yang buruk.

Hubungan Makan Terburu-buru dan Berat Badan Anda | Breaktime
Segelas air sebelum makan, bantu jaga berat badan, lho

Tips melambatkan kebiasaan makan terlalu tburu-buru

Dengan makan secara perlahan, selain memperhatikan asupan kalori ke dalam tubuh, juga membantu meningkatkan pencernaan.  Anda juga dapat lebih menikmati makanan yang ada, B’timers. Nah, untuk mengatasinya, usahakan tidak makan di depan layar dan gangguan apapun. Selain itu, usahakan makan sebelum Anda terlalu lapar, agar tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Nah, setelah tahu hubungan makan terburu-buru dan berat badan, jika Anda ingin menjaga berat badan ideal, sebaiknya hentikan kebiasaan makan terlalu cepat dan nikmati benar-benar makanan Anda, ya, B’timers? (NO)

Share This Article