Gigitan Ketika Makan untuk Program Diet Anda | Breaktime
Hitung Jumlah Gigitan Ketika Makan untuk Program Diet Anda
21.11.2015

Ketika menjalankan program diet, menghitung jumlah kalori, tentu saja merepotkan. Tapi, kini Anda bisa tersenyum lebar dengan cara yang lebih mudah, yakni menghitung gigitan ketika makan.

Peneliti dari Brigham Young University menyimpulkan bahwa menghitung jumlah gigitan ketika makan, dapat membuat seseorang mengurangi jumlah gigitannya 20 hingga 30 persen. Angka tersebut, meskipun hanya 20 persen pengurangan gigitan, tapi sangat berpengaruh pada tubuh. Dengan metode ini, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 2 kilogram perbulan. Sangat mudah, bukan?

Gigitan Ketika Makan untuk Program Diet Anda | Breaktime
Metode ini dapat menurunkan berat badan hingga 2 kilogram per bulan

Penelitian tersebut melibatkan 61 partisipan yang diminta untuk menghitung berapa kali mereka memasukkan makanan ke dalam mulut, serta jumlah tegukan dari cairan selain air, setiap hari. Mereka juga diminta untuk mengirimkan pesan ke pada tim peneliti berupa sms atau email yang berisikan total perhitungan ketika hari berakhir.

Dari 61 subyek penelitian, 41 dari mereka membuahkan hasil mengembirakan yang pada akhirnya menjadi kesimpulan dalam penelitian tersebut. Namun, Dr West dan Dr Ben Crookston, selaku ketua dan wakil tim peneliti, mengatakan bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek jangka panjang metode tersebut.

Tim peneliti, merasa metode ini akan berhasil untuk menunjang diet dibanding menghitung jumlah kalori tiap makanan yang akan Anda konsumsi. Terlebih lagi, hanya dalam waktu yang relati singkat, metode penghitungan jumlah gigitan ini membuahkan hasil yang cukup memuaskan.

Gigitan Ketika Makan untuk Program Diet Anda | Breaktime
Smartwatch bisa membantu Anda menghitung jumlah gigitan

Namun, menghitung jumlah gigitan juga bukan yang mudah bukan? Untuk itu, tim peneliti di departemen ilmu komputer Brigham Young University berusaha menggembangakan algoritma yang dapat melakukan perhitungan tersebut.

Teknologi yang diciptakan dengan bantuan profesor Christope Giraud-Carier tersebut kini telah memiliki lisensi atas nama perusahaan startup local SmartBites. Kedepannya, teknologi ini akan dapat digunakan pada perangkat jam tangan pintar seperti Android Wear ataupun WatchOS.

Tertarik untuk mencoba metode diet unik ini, B’timers? (dfr)

Share This Article