Hindari Makanan yang Buat Tubuh Cepat Lelah Ini | Breaktime
Hindari Makanan yang Buat Tubuh Cepat Lelah Ini
05.10.2017

Pernahkah B’timers mudah merasa lelah ketika masih di awal pekan? Istirahat cukup di akhir pekan rupanya tak menjamin tubuh Anda kembali segar dan siap memulai beraktivitas dengan penuh semangat. Rasa lelah semacam itu biasanya dianggap sebagai gejala stres, efek pertambahan usia, kondisi gangguan medis tertentu, hingga padatnya aktivitas Anda sepanjang minggu. Terkadang istirahat cukup tidak akan mengembalikan kondisi tubuh Anda apalagi kandungan diet dan pola makan yang salah.

Secara umum, rasa lelah bisa jadi merupakan indikator kurang tidur atau kurangnya asupan energi tubuh. Anggapan utama B’timers tentu istirahat cukup dibarengi dengan makan dalam jumlah ekstra bisa mengembalikan kondisi tubuh Anda seperti sediakala. Padahal, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa kelompok makanan yang buat tubuh cepat lelah? Meski secara umum berdampak positif bagi asupan nutrisi pada tubuh, makanan yang sehat juga dapat membuat tubuh mudah lesu apabila tidak dikonsumsi dalam porsi seimbang.

Jenis makanan yang menyebabkan tubuh mudah lelah di antara ialah aneka jenis asupan karbohidrat, seperti pasta, roti putih, beras putih, cookies, hingga cake. Jenis makanan yang merupakan bagian utama dalam diet sebagian besar orang tersebut rupanya berpotensi meningkatkan gula darah dalam tubuh Anda hingga melonjak drastis. Sebagai contoh, meski lezat dan nampaknya memberi ilusi mengenyangkan, makan donat malah memberikan lonjakan gula darah dalam waktu singkat yang diikuti dengan gejala fisik seperti rasa lelah, malas bergerak, hingga rasa malas yang makin menjadi-jadi. B’timers bisa jadi makin tergoda untuk mengambil donat satu lagi demi menuruti rasa lapar yang malah menyebabkan naik-turunnya energi secara tak teratur. Sungguh lingkaran setan yang menyebalkan, bukan? 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Apa Saja Nih Manfaat Green Juice untuk Sarapan?
Hindari Makanan yang Buat Tubuh Cepat Lelah Ini | Breaktime
Asupan karbohidrat jenis tertentu ternyata malah membuat tubuh Anda mudah lelah

Terdapat alasan ilmiah mengapa makanan yang mengandung karbohidrat merupakan makanan yang buat tubuh cepat lelah, yaitu indeks glikemik. Semakin tinggi indeks glikemik dalam suatu bahan makanan, semakin tinggi pula kemungkinan Anda mengalami fluktuasi gula darah tubuh ketika Anda mencerna makanan tersebut. Ketika gula darah tubuh Anda menglami lonjakan, hormon insulin akan diproduksi dalam organ pankreas Anda untuk menangkal kenaikan gula darah tersebut dan mengembalikannya ke tingkat normal. Semakin besar fluktuasi gula darah yang Anda alami, semakin besar pula kemungkinan tubuh Anda dilanda rasa lelah.

Solusinya? B’timers tentu tak harus memangkas segala jenis makanan yang mengandung karbohidrat dari diet harian Anda. Pilihlah jenis karbohidrat tertentu yang berdampak positif dalam mengontrol gula darah Anda. Pilihlah jenis biji-bijian whole grains dan hindari mengkonsumsi makanan manis. Pasta yang terbuat dari whole wheat, beras merah, oatmeal tanpa tambahan gula dan perasa lainnya, serta bran dan sereal whole grain merupakan pilihan diet yang jauh lebih menyehatkan dan tidak menimbulkan rasa lelah daripada pasta putih, beras putih, maupun sereal sarapan yang penuh kandungan gula. Tentu saja akan jauh lebih baik apabila Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bukan Hoax, Ini Efek Keringkan Baju dalam Rumah

Selain jenis karbohidrat yang keliru, makanan yang dihangatkan berulang-ulang juga dapat membuat Anda merasa mudah lelah. Menghangatkan makanan sisa semalam memang kebiasaan yang sudah mendarah daging dalam masyarakat Asia, terutama Indonesia. Memanaskan makanan sisa lebih dari sekali ternyata berisiko merampas energi Anda dan membuat mudah lelah, selain dari kandungan lemak makanan yang dipanaskan kembali yang juga tak kalah berbahaya bagi tubuh. Efek yang sama juga bisa ditimbulkan oleh aneka jenis makanan yang digoreng dan mengandung kadar lemak yang tinggi. tubuh Anda akan memerlukan energi ekstra untuk mencerna gorengan sehingga berujung lesu dan merasa lelah terus-menerus.

Jenis lain dari makanan yang buat tubuh cepat lelah ialah aneka produk olahan susu. Meski terbukti memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, produk olahan susu rupanya tidaklah baik untuk dikonsumsi oleh penderita lactose-intolerance sehingga cenderung mudah lelah setelah mengkonsumsinya. Proses pencernaan aneka produk olahan susu tersebut bagi orang yang memiliki lactose-intolerance dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tubuh sehingga muncul peradangan akibat proses perlawanan sistem imun tubuh dalam mencerna dairy products tersebut. Alih-alih mendapatkan manfaat dari olahan susu, para penderita alergi tersebut malah menjadi mudah lelah, kehilangan semangat, hingga energi tubuh yang terkuras habis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengulik Seluk-beluk Manfaat Khitan

Makanan lainnya yang tak kalah berbahaya karena dapat menyebabkan kelelahan ialah daging merah karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Demikian halnya minuman beralkohol yang dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh dan menimbulkan sensasi lesu. Alkohol juga menyebabkan insomnia sehingga Anda tidak bisa beristirahat cukup untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. Mulai sekarang, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi aneka jenis makanan tersebut agar tidak cepat lelah ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE