High Polyphenol Diet for Longevity, Tertarik Mencoba? | Breaktime
High Polyphenol Diet for Longevity, Tertarik Mencoba?
27.04.2015

Polifenol merupakan senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas penyebab timbulnya berbagai penyakit mematikan. Dalam buah atau sayuran, polifenol berfungsi untuk memberikan warna pada kulit serta daun. Dr. Shanthi Parkar, seorang peneliti yang berasal dari New Zealand’s Plant & Food Research (P&F) mengatakan berbagai kandungan alami dari buah dan juga sayuran memiliki manfaat yang sangat baik untuk pencernaan dan juga sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition mengemukakan bahwa selain bermanfaat untuk pencernaan, polifenol juga bisa menunjang umur panjang. Pada penelitian tersebut, orang-orang yang mengonsumsi polifenol dalam jumlah yang lebih banyak memiliki angka kematian yang lebih rendah.

Dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya polifenol, Anda akan jauh lebih sehat dan panjang umur
Dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya polifenol, Anda akan jauh lebih sehat dan panjang umur

Ditambah lagi, menurut Dr. Charlie Seltzer, seorang antiaging expert di Philadelphia, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan polifenol.

Ada 3 cara untuk mendapatkan polifenol secara maksimal, yang pertama adalah mengonsumsi buah sekaligus dengan kulitnya. Ke dua, Anda bisa mengupas buah namun pastikan untuk melakukan hal tersebut sesaat sebelum buah dikonsumsi agar kandungan polifenolnya tidak hilang. Seltzer menambahkan bahwa kulit atau lapisan terluar dari buah merupakan bagian yang memiliki kandungan konsentrasi polifenol paling tinggi dibandingkan yang lainnya, maka dari itu banyak yang menyarankan untuk tidak dikupas. 

Cara yang ketiga adalah mengonsumsi buah yang masih mentah atau belum masak. Kandungan polifenol yang terdapat dalam buah ataupun sayuran akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. 

Mendapatkan asupan polifenol dari bahan alami, seperti buah dan sayuran jauh lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi berbagai supplemen atau pil. Yuk, makan buah dan sayur, B’timers! 

Share This Article