Makanan yang Cocok Untuk Penderita Darah Tinggi | BREAKTIME
High Blood Pressure Diet
09.02.2015

Hipertensi alias tekanan darah tinggi membuat seseorang tak bisa leluasa menyantap makanan yang diinginkan. Jika salah mengonsumsi jenis makanan tertentu, bisa-bisa kepala terasa pusing dan sulit beraktivitas. Kalau B’timers juga mengalami kondisi ini, maka perlu lebih berhati-hati dalam memilih menu makanan termasuk supaya tak mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Lantas, menu makanan apa yang pas untuk penderita tekanan darah tinggi? Coba simak 3 bahan makanan yang bisa menemani waktu bersantap Anda berikut ini:

Leafy greens

Sayuran berdaun hijau memang dikenal bersahabat dengan penderita tekanan darah tinggi lantaran kandungan kalium yang ada di dalamnya. Pilihlah Romaine lettuce, urugula, kale, lobak, dan bayam sebagai menu diet Anda. Aneka sayur lezat ini bisa diolah menjadi salad, smoothies, atau dimasak dengan sumber protein seperti daging, udang, dan ayam. 

High Blood Pressure Diet

Berries

Berries cocok dikonsumsi penderita darah tinggi karena kaya akan kandungan flavonoid yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Banyak pilihan berries yang bisa diolah menjadi dessert seperti blueberry, rasberry, dan strawberry. Tapi ingat, jangan mencampurkannya dengan terlalu banyak gula, ya!

High Blood Pressure Diet

Beets

Bit dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang bisa menurunkan tekanan darah dalam waktu relatif singkat. Namun berhati-hatilah saat mengolahnya, sebab bit bisa meninggalkan warna merah pada kulit dan juga pakaian yang akan susah dihilangkan.

Hal terpenting yang harus diperhatikan oleh penderita tekanan darah tinggi adalah harus mengonsumsi makanan segar dan menghindari produk kalengan. Bahan makanan yang sudah dimasukkan dalam kaleng maupun kemasan lainnya besar kemungkinannya sudah ditambahkan garam yang justru bisa meningkatkan tekanan darah. Jadi, bijaklah dalam memilih menu makanan, ya B’timers!

High Blood Pressure Diet

Share This Article