Hidup Sehat dengan Olahraga Singkat 1 Menit Saja | Breaktime
Hidup Sehat dengan Olahraga Singkat 1 Menit Saja
04.06.2016

Olahraga sangatlah penting dalam kehidupan. Karena itu Anda harus selalu meluangkan waktu untuk olahraga meski hanya 1 menit dalam sehari. Olahraga hanya 1 menit? Memang ada manfaatnya? Jangan salah, B’timers. Meski hanya olahraga singkat satu menit jika Anda konsisten setiap hari manfaat setara dengan 45 menit olahraga, lho! Tidak percaya? Ini penjelasannya.

Mengimbangi detak jantung

Satu menit latihan interval yang dilakukan setiap hari sama efektifnya denganolahraga dalam waktu yang lama. Namun, ini bahkan lebih baik karena olahraga singkat satu menit bisa menyesuaikan dengan detak jantung Anda sehingga tidak terjadi kejutan besar seperti ketiga Anda melakukan jogging selama 30 menit.

Hidup Sehat dengan Olahraga Singkat 1 Menit Saja | Breaktime
Tidak ada alasan untuk tidak olahraga

Meningkatkan laktat

Satu menit latihan mendorong ambang laktat Anda ke ketinggian yang lebih besar.
Ketika otot-otot Anda sakit di pagi hari, itu karena jumlah laktat yang menurun. Nah, olahraga 1 menit memungkinkan Anda untuk berbuat lebih banyak sebelum otot melemah dan Anda jadi breakdown. Dalam istilah awam, otot Anda memiliki lebih banyak stamina dan kemampuan untuk menanggung tekanan besar.

Meningkatkan VO2 Max

VO2 max adalah jumlah oksigen yang dapat diambil seorang atlet sebelum mereka mengalami cedera. Pelatihan interval singkat 1 menit telah terbukti menginduksi perubahan daya tahan seperti itu. Dengan kata lain, Anda dapat memperoleh stamina dan kekuatan yang dimiliki atlet melalui satu menit latihan.

Hidup Sehat dengan Olahraga Singkat 1 Menit Saja | Breaktime
Olahraga singkat mengurangi risiko cedera

Meningkatkan kesehatan mental

Memang sulit untuk melakukan olahraga hanya satu menit, tapi ketika Anda sudah menguasai ini akan bermanfaat pada kesehatan mental. Banyak pusat konseling perguruan tinggi melayani kebutuhan siswa melalui promosi rutin latihan intensitas tinggi untuk membantu memerangi masalah kesehatan mental. Dan, rata-rata orang bisa menjadi lebih kuat secara mental melalui karena rutin latihan satu menit. Wah!

Meningkatkan rasa percaya diri

Bagusnya, olahraga satu menit ini memiliki manfaat yang baik untuk rasa percaya diri Anda. Pertama-tama, Anda akan memiliki lebih percaya diri dan tidak tertahan oleh citra tubuh yang buruk. Dengan kata lain, Anda menghargai hidup Anda sendiri. Kedua, Anda akan memiliki kepercayaan diri untuk menginspirasi orang lain dan menjadi contoh pada mereka untuk selalu mencintai diri sendiri.

Wah, ternyata sangat bermanfaat ya, melakukan olahraga singkat satu menit. Anda siap memulainya, B’timers? (nap)

Share This Article