Mungkinkah Kita Makan Terlalu Banyak Garam? | Breaktime
Hati-Hati, Mungkinkah Kita Makan Terlalu Banyak Garam?
08.01.2016

Anda penyuka makanan asin? Dan selalu menambahkan cukup banyak garam di setiap masakan? Well, terlalu banyak garam memang terbukti dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Namu,  ternyata masih ada sisi yang menyehatkan dari garam yang belum banyak orang tahu.

Jonathan Jantasch dari University of Regensburg di Jerman mengatakan, garam sangat efektif untuk menangkal serangan mikroba atau bakteri. Tapi, benarkah demikian?

Manfaat garam

Garam dan tidur merupakan 2 kata yang tidak mungkin disatukan dalam sebuah kalimat. Namun mungkin garam merupakan kunci yang hilang untuk mendapatkan tidur yang baik.

Anda mungkin sering merasa tidak dapat segera terlelap, karena memikirkan antara pekerjaan atau hal lain yang membuat stress. Garam memiliki efek yang bisa menenangkan. Penelitian mengatakan bahwa kadar sodium yang cukup di dalam aliran darah dapat mengurangi stress.

Selain itu garam dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Disebutkan jika Anda sering terbangun antara pukul 2 dan 4 dini hari dengan jantung yang berdebar,mungkin disebabkan karena adanya lonjakan adrenalin. Dan cara terbaik untuk kembali tidur adalah dengan memakan campuran sejumput garam dan gula atau madu untuk menurunkan lonjakan adrenalin.

Mungkinkah Kita Makan Terlalu Banyak Garam? | Breaktime
Jangan berlebihan mengonsumsi makanan cepat saji

Perhatikan jumlah

Banyak pakar kesehatan yang setuju bahwa mengonsumsi terlalu banyak garam dapat membahayakan kesehatan. Tapi pertanyaannya adalah, how much is too much? Memang kita sering membaca, jumlah yang direkomendasikan untuk konsumsi garam setiap harinya, bagi orang dewasa sekitar 6 gram.

Lakukan pengecekan terhadap asupan makanan Anda setiap harinya, B’timers. Karena kebanyakan kita sendiri tidak menyadari bahwa menu makan siang seperti pizza, burger, seafood, sup, atau pasta, ternyata mengandung banyak garam dibandingkan makanan ringan yang menemani waktu santai Anda.

Tanda terlalu banyak garam

Garam merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan hal tersebut akan meingkatkan tekanan darah, sakit jantung, stroke dan osteoporosis.

Kebanyakan orang yang mengonsumsi terlalu banyak garam akan lebih sering merasakan haus. Hal tersebut dapat terjadi karena ketika kita makan terlalu banyak garam, akan terjadi ketidakseimbangan kandungan air di dalam tubuh.

Jika Anda sudah cukup minum namun masih merasa haus, ada baiknya Anda segera melakukan pengecekan kesehatan. Garam mungkin memang tidak dapat dihindari dari kehidupan sehari-hari. Namun, Anda tetap harus mulai mengurangi jumlah asupan sodium ke dalam tubuh.

Nah, bagaimana B’timers, apakah asupan garam Anda hari ini sudah mencukupi atau bahkan terlalu banyak? Jangan lupa untuk rutin melakukan medical check up, ya? (NO)

Share This Article