Hati-Hati, Minum Kopi Ternyata Picu Diare! | Breaktime
Hati-Hati, Minum Kopi Ternyata Picu Diare!
29.06.2015

Minum kopi di pagi hari sambil membaca koran atau nonton morning news di TV, tentu jadi hal yang sangat menyenangkan ya, B’timers. Namun, sebagian orang justru pantang melakukan hal ini karena dipercaya dapat menimbulkan diare yang parah.  Benarkah demikian?

Dalam segelas kopi, terdapat kafein yang bersifat seperti obat pencahar bagi mereka yang memiliki sensitivitas tinggi atau mengalami iritasi usus besar (irritable bowel syndrome). William DePaolo, seorang profesor Mikrobiologi dan Imunologi di Keck School of Medicine, mengatakan bahwa kandungan kafein dalam kopi bisa memicu diare. Dibandingkan dengan yang terdapat dalam minuman soda, kafein yang ada di dalam kopi tergolong tinggi.

Minum kopi secukupnya saja, 2-3 cangkir per hari
Minum kopi secukupnya saja, 2-3 cangkir per hari

Secangkir kopi yang telah diseduh, mengandung kafein 3 kali lebih banyak dibandingkan yang terdapat di dalam soda. Hal inilah yang menyebabkan soda tidak menimbulkan efek yang sama seperti halnya kopi. Selain penyebab diare, kafein juga membuat tubuh mengalami dehidrasi karena kopi memiliki efek diuretik. Dalam artian, tubuh akan semakin sering mengeluarkan banyak cairan, entah itu lewat air kecil ataupun keringat.

Bahkan meskipun tanpa kafein, kopi tetap bisa sebabkan diare lho, B’timers. Meri Rafetto, RD, anggota American Dietetic Association dan juga ketua dari  California Tri-County Dietetic Association, menyatakan bahwa kandungan asam yang terdapat dalam biji kopi juga bisa menyebabkan diare. Tidak berhenti di situ saja, tambahan pemanis dan juga susu bisa sebabkan diare juga. Terutama mereka yang memiliki lactose intolerant, mengonsumsi susu akan memperparah keadaan.

Karena hal tersebut, bagi Anda yang memiliki tubuh yang sangat sensitif disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi. Dan untuk yang tak punya masalah pencernaan, sebaiknya minum kopi dalam jumlah yang sewajarnya saja, tidak lebih dari 2-3 cangkir setiap harinya. Be wise, B’timers!

Share This Article