Hati-Hati! Kebiasaan Makan Ternyata Bisa Menular! | Breaktime
Hati-Hati! Kebiasaan Makan Ternyata Bisa Menular, Lho
15.01.2016

Sering mengadakan acara makan bersama, B’timers? Well, sebagai makhluk sosial, daripada harus makan sendiri, kita pasti mencari teman. Memang seringkali makan bersama banyak orang membuat mood kita meningkat.

Dan, berdasarkan penelitian terbaru, siapa yang Anda ajak untuk menemani makan siang atau makan malam akan menjadikan perbedaan yang cukup signifikan dalam porsi makanan yang Anda konsumsi. Wow, jadi mulai sekarang Anda harus lebih berhati-hati mengajak orang makan bersama, ya, B’timers. Apalagi jika Anda seorang pria.

Gender mempengaruhi pola makan seseorang

Penelitian terbaru yang dilakukan The Cornell University Food and Brand Lab di Ithaca, New York, menemukan fakta bahwa jumlah makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh dari jenis kelamin teman semeja makan kita. Dan, hal tersebut berpotensi mempengaruhi nafsu makan Anda.

Hasilnya cukup mengejutkan, lho, B’timers! Kelompok pria ternyata cenderung beresiko makan lebih banyak ketika bersama wanita, dibanding ketika mereka berkumpul dengan sesama pria. Sementara, pada wanita tidak terdapat adanya peningkatan porsi makanan, ketika bersama wanita maupun pria.

Hati-Hati! Kebiasaan Makan Ternyata Bisa Menular! | Breaktime
Teman semeja akan mempengaruhi nafsu makan Anda

Hati-hati memilih teman semeja Anda

Jika Anda berusaha untuk mengikuti program diet, bukan hanya penting untuk memperhatikan apa yang Anda masukkan ke dalam mulut, tapi juga bagaimana memilih teman semeja makan yang tepat, agar tidak mengacaukan diet Anda.

Sinyal dari dalam tubuh seperti rasa lapar dan kenyang seringkali menipu. Dalam situasi tertentu, ketika makan seseorang akan melihat teman semejanya baru kemudian memutuskan sebanyak apa mereka akan makan saat itu.

Jika melihat orang lain hanya mengambil sedikit makanan, kita juga akan melakukan hal yang serupa. Demikian pula sebaliknya, apabila orang dalam kelompok Anda mengonsumsi dalam porsi yang cukup banyak, Anda pun merasa lebih bebas untuk menghabiskan porsi lebih banyak dari biasanya.

Kebiasaan makan yang menular ini hanya berpengaruh pada orang dewasa. Karena itu, kurangi pergi makan bersama orang yang porsi makannya lebih banyak dari Anda, ya, B’timers? Apalagi saat Anda berusaha mengurangi berat badan. (NO)

Share This Article