Awas! Ini Tanda Olahraga Bisa Berdampak Buruk! | Breaktime
Hati-hati! Ini Tanda Olahraga Bisa Berdampak Buruk!
22.05.2016

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Dengan motivasi seperti ini membuat banyak orang yang berpikir, bahwa mereka harus melakukan segalanya saat olahraga untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Tapi jangan pernah meremehkan tanda-tanda ini, ya, B’timers. Karena ini merupakan tanda saat olehraga berdampak buruk bagi Anda.

Otot gemetar seperti orang gila

Jika saat berolahraga terasa otot lengan atau kaki Anda mulai gemetar hebat hingga pada 7,0 skala Richter, itu adalah tanda awal dari kegagalan otot, B’timers. Selain itu, artinya tubuh mengalami kelelahan berlebih. Hal seperti ini selain dapat membuat Anda akan berisiko terjatuh, tubuh juga dapat mengalami kerusakan, lho.

Awas! Ini Tanda Olahraga Bisa Berdampak Buruk! | Breaktime
Kram dengan otot yang gemetar harus segera ditangani

Rasa sakit yang datang tiba-tiba

Anda mungkin menganggap rasa sakit yang timbul saat berolahraga merupakan tanda latihan tersebut terlalu berat. Padahal, rasa sakit yang muncul secara tiba-tiba dan cepat dapat menunjukkan ada sesuatu yang salah, B’timers. Jangan memaksakan bergerak, karena dapat menyebabkan cedera otot atau sendi.

Kaki atau lutut bengkak setelah jogging

Bengkak, kemerahan atau nyeri menunjukkan adanya masalah berlebihan. Ini biasa terjadi pada lutut seorang pelari. Atasi dengan tips sederhana, yaitu bersantailah selama beberapa hari. Dan ingat untuk melakukan pemanasan dan peregangan sedikit lebih lama sebelum berolahraga. Jika tanda ini tidak hilang, konsultasikan pada ahli terapi.

Awas! Ini Tanda Olahraga Bisa Berdampak Buruk! | Breaktime
Bengkak yang timbul artinya kurang pemanasan, B’timers!

Sudah lama berlalu dan masih sakit

Latihan fisik di salah satu ruangan di gym, dan otot Anda masih terasa sakit saat digunakan untuk menaiki tangga. Itu adalah tanda otot tubuh Anda mengalami kerusakan dan tengah memperbaikinya untuk lebih kuat. Biasanya rasa sakit akan hilang dalam waktu 24 atau 48 jam setelah latihan, jika tidak artinya Anda berlatih terlalu berat.

Bahu, lutut atau pinggul terasa tertekan

Mengalami satu jenis sakit tertentu ketika melakukan gerakan yang sama berulang adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Jika rasa sakitnya parah, temui spesialis ortopedi. Jika tidak, pastikan Anda melakukan pemanasan dan peregangan yang disarankan. Dan jangan lupa untuk menjaga asupan cairan selama latihan fisik, B’timers.

Awas! Ini Tanda Olahraga Bisa Berdampak Buruk! | Breaktime
Pastikan ada seseorang yang mendampingi, ya?

Nah, mulai sekarang, Anda harus lebih memperhatikan setiap tanda yang dirasakan tubuh saat latihan fisik, ya, B’timers. Anda tentu tidak ingin cedera tersebut bertambah parah, bukan? (NO)

Share This Article