Hati-hati! Ini Pantang Dilakukan Sebelum Jogging | Breaktime
Hati-hati! Ini Pantang Dilakukan Sebelum Jogging
20.02.2017

Jenis olahraga apa yang paling Anda gemari, nih, B’timers? Nah, untuk Anda yang malas berolahraga, lari adalah salah satu jenis latihan fisik yang terbilang mudah dan sederhana. Anda tak memerlukan bantuan peralatan tambahan, hanya kaos, celana, kaos kaki dan sepasang sepatu untuk lari saja. Namun ternyata meskipun terbilang mudah, ada hal terlarang yang dilakukan sebelum kita lari ataupun jogging, B’timers. Nah, di bawah ini beberapa hal yang tak boleh Anda lakukan sebelum lari! Apa saja!

Hati-hati! Ini Pantang Dilakukan Sebelum Jogging | Breaktime
Jangan pernah mengabaikan pemanasan sebelum lari

Sejak kecil, mungkin Anda sudah mempelajari bagaimana caranya untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga. Berdasarkan penelitian yang baru-baru ini dilakukan, ada satu hal yang wajib Anda ketahui, yaitu ternyata peregangan statis bukanlah merupakan pemanasan yang disarankan untuk Anda akan melakukan olahraga lari, lho, B’timers. Dibandingkan dengan pemanasan statis, ternyata lebih baik pemanasan dinamis untuk Anda yang akan mulai berlari.

Hal terlarang lainnya yang tidak boleh dilakukan sebelum kita lari adalah terlalu banyak makan, B’timers. Meskipun sudah banyak orang yang mengetahui fakta ini, namun pada kenyataannya masih banyak saja yang melakukannya. Sebaiknya hindari makan terlalu banyak menjelang jam jogging Anda. Karbohidrat memang penting untuk menambahkan energi para pelari. Namun sepiring besar spaghetti ditambah lagi dengan daging giling mengandung nutrisi terlalu banyak.

Jika Anda tidak sanggup lari tanpa makan terlebih dahulu, Anda bisa mengonsumsi makanan bernutrisi. Tapi sebenarnya akan jauh lebih baik jika Anda tidak mengonsumsi apapun menjelang Anda berlari, lho, B’timers. Lari dengan kondisi perut kosong justru akan membantu Anda. Selain itu jagalah agar memilih makanan yang kaya akan protein dan karbohidtar moderat, sehingga sistem pencernaan Anda semakin mudah mencernanya. Jauhi gorengan dan makanan manis.

Kesalahan lain yang masih sering dilakukan oleh banyak orang sebelum mereka lari, yaitu terlalu banyak minum. Well, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah hal yang sangat disarankan sebelum kita pergi berolahraga. Namun meneguk satu liter air sebelum kita lari, justru akan membuat tubuh overhydrating dan membatasi ruang gerak tubuh saat Anda melakukan latihan fisik, B’timers. Dan ketahuilah, jika kita minum terlalu banyak, justru membahayakan kesehatan.

Hati-hati! Ini Pantang Dilakukan Sebelum Jogging | Breaktime
Tetaplah jaga asupan cairan bagi tubuh Anda, B’timers!

Bijaksanalah dalam memilih jenis minuman yang akan Anda konsumsi ketika akan berlari, B’timers. Jauhi minuman yang mengandung kafein maupun minuman berenergi. Semua minuman yang memiliki kafein di dalamnya akan meningkatkan denyut jantung. Sementara minum minuman yang mengandung banyak gula akan meningkatkan energi yang dibutuhkan secara drastis. Yang paling penting dalam mengetahui kebutuhan tubuh akan cairan adalah melalui air kencing.

Enggan kembali ke kamar mandi karena Anda sudah siap untuk menyerang jalanan dengan sepatu kets Anda, B’timers? Well, menghindari kamar mandi sebelum lari adalah kesalahan selanjutnya yang harus kita hindari, lho. Apalagi jika Anda minum secangkir kopi sebelum mulai jogging di pagi hari. Untuk itulah sangat penting membatasi jumlah cairan yang Anda minum sekitar kurang labia 30 menit sebelum Anda mulai lari. Atau sempatkan ke kamar mandi sebelum lari.

Hayoo, seberapa sering Anda mendengarkan tubuh Anda di saat ada sinyal alami dari dalam tubuh yang mengatakan jika Anda sudah lelah, B’timers? Nah, inilah kesalahan yang pantang Anda lakukan sebelum lari. Olahraga berlebihan tanpa mendengarkan tubuh Anda, justru tidak akan memberikan kebaikan bagi kesehatan Anda, lho. So, sebaiknya berhentilah di saat tubuh Anda sudah mulai terasa pegal atau lelah, B’timers. Dan sebaiknya ambillah waktu untuk istirahat.

Itulah tadi beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan sebelum lari apabila ingin mendapatkan manfaat maksimal dari latihan fisik yang Anda lakukan, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE