Waspada! Saat ini Diabetes dapat Menyerang Anak Muda | Breaktime
Hati-Hati, Diabetes Bisa Serang Kalangan Muda
16.07.2015

Diabetes kini tak hanya menyerang orang-orang usia lanjut dengan gaya hidup buruk. Akhir-akhir ini, banyak ditemukan kasus diabetes melitus yang menyerang orang dengan rentang usia 20 hingga 40 tahun. Perokok dan orang-orang yang sering mengonsumsi alkohol memiliki risiko lebih besar untuk terserang penyakit penyakit ini. Lalu apa saja dampak diabetes untuk organ tubuh? Ini dia informasinya:

Efek diabetes terhadap organ vital
Efek diabetes terhadap organ vital

Mata

Diabetic retinopathy adalah salah satu komplikasi diabetes yang sering ditemukan. Komplikasi ini disebabkan pembengkakan dan pecahnya pembuluh darah retina, pasien dengan darah tinggi berisiko besar mengalami komplikasi ini.

Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang seringkali menjadi sasaran empuk diabetes. Meskipun memakan waktu bertahun-tahun untuk menyebabkan kerusakan pada ginjal, hal ini sangat berbahaya bagi kondisi tubuh.

Jantung

Penyakit diabetes dan jantung koroner memiliki hubungan yang dekat. Diabetes dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang tentu saja meningkatkan risiko serangan jantung.

Stroke

Diabetes dapat mempengaruhi kerja jantung, tekanan darah tinggi, serta meningkatkan kadar kolesterol tubuh, akibatnya risiko stroke pun meningkat.

Sistem saraf

Diabetes parah akan menyerang sistem saraf, akibatnya fungsi-fungsi organ tubuh pun akan menurun, seperti kesulitan bergerak, hingga penurunan kinerja sistem reproduksi.

Gejala diabetes yang telah menyerang sistem saraf biasanya diawali dengan mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki, serta keringat berlebih.

Sistem pencernaan

Sistem pencernaan akan mulai terganggu ketika diabetes menyebabkan kerusakan saraf, penderita akan mengalami mual, sembelit, atau diare.

Langkah terbaik untuk mencegah diabetes adalah dengan menjalalani pola hidup sehat melalui konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, menghindari rokok dan alkohol, serta rajin berolahraga.

Share This Article