Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berolahraga | Breaktime
Hal Ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Berolahraga!
23.12.2015

B'timers sedang sibuk olahraga? Olahraga jenis apa yang sedang ditekuni saat ini? Apapun jenis olahraganya, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan tubuh seperti mengkonsumsi air, makan makanan yang bergizi, dan jangan lupa dengan istirahat. Mungkin terlihat remeh B'timers, akan tetapi istirahat adalah salah satu langkah untuk memaksimalkan hasil olahraga seseorang.

Selain itu, tubuh juga membutuhkan istirahat agar pertumbumbahannya tetap terjaga serta terhindar dari risiko kelelahan akibat terlalu memaksa kondisi otot. Istirahatpun juga harus disesuaikan dengan tujuan Anda melakukan olahraga. Berikut beberapa penyesuaian jam istirahat dengan olahraga agar manfaat yang diterima maksimal :

If your goal is to get stronger

Laukan olahraga yang berhubungan dengan kekuatan seperti angkat berat. Sesuaikan berat dengan kapasitas otot Anda lakukan gerakan tersebut sebanyak sepuluh kali. Biasanya gerakan tersebut dinamakan 1 set. Untuk hasil optimalnya, diusahakan untuk melakukannya sebanyak 3 set dan setiap setnya diberi jeda 2-3 menit istirahat agar otot tidak kaku. Istirahat juga membantu otot agar tidak kram.

If your goal is to build more muscle

Apabila yang Anda incar dalam mengembangkan otot di beberapa bagian tubuh, lakukan olahraga yang melibatkan banyak otot seperti berenang, berlari, atau mendaki. Apabila Anda berenang coba lintasi kolam renang sebanyak 2 putaran dan lakukan istirahat dengan jeda waktu 30-90 detik.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berolahraga | Breaktime
Istirahat cukup agar kondisi tubuh tetap bugar

If your goal is to drop pounds

Apabila tujuan Anda berolahraga adalah menurunkan berat badan, lakukan olahraga darat yang melibatkan ampir semua anggota gerak seperti contoh berlari, bersepeda, atau fitness di tempat kebugaran. Lakukan olahraga sesuai kemampuan seperti berlari dengan panjang lintasan 1200 meter lalu beristirahatlah selama 30 menit.

Itulah waktu-waktu yang harus Anda perhatikan setelah melakukan olahraga. Ingatlah, setiap komponen untuk mencapai kebugaran tubuh sangatlah penting agar tujuan yang diinginkan bisa dicapai. Selamat mencoba, B'timers. (wsu)

Share This Article