Hal-Hal Tak Terduga Ini Bikin Berat Badan Naik | Breaktime
Hal-Hal Tak Terduga Ini Bikin Berat Badan Naik
27.04.2017

Apakah B’timers sudah melakukan olahraga berjam-jam, namun sepertinya tetap saja tidak memberikan efek pada berat badan? Bukan hanya Anda saja yang mengalaminya. Tak sedikit orang lain yang juga mengalami hal yang sama dengan Anda. Nah, mungkin ini saatnya Anda kembali merencanakan ulang, seperti apa program diet yang baik dan efektif untuk Anda.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh ke sana, Anda bisa lebih dulu menyadari, nih, bahwa sebenarnya ada hal-hal dan beberapa kebiasaan sehari-hari yang membuat Anda jadi kelebihan berat badan. Bahkan seringkali, hal-hal ini tidak Anda sadari dan mungkin saja sudah sering Anda lakukan. Nah, jika Anda sudah mengetahuinya, barulah Anda bisa memilih program diet yang lebih baik dan memberikan hasil yang optimal.

Baca juga : JANGAN SALAH, YA? INI CARA DIET YANG TEPAT, LHO!

Sekarang, cobalah ingat kembali, apakah Anda senang minum diet soda? Yap, mungkin Anda yakin akan lebih aman untuk kesehatan dan berat badan Anda, karena diet soda tak terlalu banyak mengandung gula. Namun, tahukah Anda, menurut penelitian, orang yang meminum dua gelas diet soda atau lebih, memiliki risiko lebih tinggi untuk melar.

Hal-Hal Tak Terduga Ini Bikin Berat Badan Naik | Breaktime
Kurang tidur bisa sebabkan berat badan naik

Terutama, ukuran pinggang yang lebih mudah melebar, jika dibandingkan dengan orang yang tidak meminum diet soda. Memang diet soda bebas kalori, namun tetap ada konsekuensinya juga. Selain dari kebiasaan minum, ternyata kebiasaan tidur juga berpengaruh terhadap berat dan bentuk badan Anda. So, ternyata jika Anda kurang tidur, itu tak hanya mempengaruhi mood Anda seharian. Namun, juga berpengaruh terhadap berat badan Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di New York Obesity Nutrition Research Center di St. Luke’s-Roosevelt Hospital, jika seseorang kurang tidur, maka ia akan mengonsumsi hingga sekitar 300 kalori per hari. Inilah mengapa kebiasaan tidur juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi berat badan Anda. Lalu, hal simple lainnya yang membuat berat badan makin naik adalah suhu udara.

Baca juga : FAST FOOD INI BISA ANDA MAKAN KETIKA DIET CARBO!

Percaya atau tidak, rumah yang cozy lebih berpotensi membuat berat badan Anda naik, demikian menurut jurnal Obesity Reviews. Ketika badan kita merasa kedinginan, maka kita akan menggigil, yang dapat menyebabkan otot berkontraksi untuk menciptakan rasa panas. Inilah yang nantinya akan dapat membakar kalori. Teori yang cukup unik, ya? Namun, hal tersebut sudah berdasarkan pada fakta, lho.

Selain rumah yang ‘terlalu nyaman’, ternyata teman yang nyaman juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab berat badan Anda naik. Berdasarkan sebuah penelitian di dalam New England Journal of Medicine, orang benar-benar bisa ‘tertular’ obesitas dari temannya. 

Hal-Hal Tak Terduga Ini Bikin Berat Badan Naik | Breaktime
Hati-hati stres juga mempengaruhi naiknya berat badan

Menurut para peneliti, yang meneliti 12.067 orang dalam 32 tahun, orang-orang yang memiliki teman dengan obesitas, memiliki kemungkinan terkena obesitas 171 persen lebih tinggi, daripada orang yang tak memiliki teman dengan obesitas. Hal tersebut karena teman bisa mempengaruhi kebiasaan dan juga gaya hidup Anda, termasuk pola makan juga, benar, bukan. So, ada baiknya kalau Anda ingin menurunkan berat badan, Anda hangout dengan orang-orang yang slim.

Baca juga : PILIHAN MAKANAN YANG TEPAT UNTUK DIET KOLESTEROL

And next, kalau alasan yang satu ini mungkin sudah jelas. Makan terlalu banyak, bisa membuat Anda semakin bertambah berat badan. Jika Anda menerapkan kebiasaan makan sedikit sedikit, namun dalam jangka waktu yang sering, sebenarnya kadang ini membuat tidak sadar, bahwa Anda jadi terbiasa memakan lebih banyak makanan, daripada porsi yang sewajarnya.

Karena, pada akhirnya, Anda jadi lebih terbiasa ngemil dan merasa bahwa itu tidak apa-apa. And the last is, kendalikanlah stres Anda. Karena saat stres, B’timers akan lebih mudah merasa lapar dan selalu ingin makan. Karena, makan terasa bisa mengatasi stres, but no, really. Jadi, untuk mengontrol berat badan, atasi stres Anda dan tenangkan pikiran, ya. (md)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE