Gemuk Lemak atau Gemuk Air? Kenali Cirinya! | Breaktime
Gemuk Lemak atau Gemuk Air? Kenali Cirinya!
22.01.2016

Anda pernah mendengar istilah gemuk air? Nah, sebenarnya apa sih, gemuk air itu? B’timers, gemuk air adalah kondisi di mana kegemukan yang Anda alami diakibatkan karena tubuh Anda menampung air lebih banyak.

Obat penurun badan yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat biasanya mereduksi kelebihan air dalam tubuh. Air dalam tubuh kemudian terbuang lewat urin. Jadi, berat badan yang turun bukan karena lemak yang terbuang, melainkan jumlah air dalam tubuh. Akibatnya, tubuh jadi bergelambir dan terkesan tidak padat karena massa otot jadi mengendur.

Gemuk air juga disebabkan garam

Gemuk air biasanya terjadi pada orang-orang yang suka mengonsumsi banyak garam. Asupan gizi yang masuk di tubuh, serta pola makan juga bisa mempengaruhi seseorang mengalami gemuk air. Pola makan tinggi gula juga akan memicu kadar insulin tinggi yang mengikat sodium dari garam di dalam tubuh.

Gemuk Lemak atau Gemuk Air? Kenali Cirinya! | Breaktime
Orang yang gemuk air tubuhnya bergelambir

Nah, Anda sendiri dapat mengenali tanda-tanda gemuk air atau gemuk lemak dengan memperhatikan ciri-ciri tertentu. Tubuh orang dengan gemuk air biasanya bergelambir dan kulit terkesan lembek. Saat badan terguncang karena meloncat atau lainnya, seluruh bagian gelambir di tubuh seolah terasa bergerak-gerak.

Sementara itu, orang yang gemuk lemak biasanya seluruh bagian tubuhnya membesar dan badan terasa berat. Saat melakukan aktivitas, mereka mudah sekali merasa lelah. Lemak yang tertahan di tubuh sayangnya sering dianggap sebagai daging. Lantas, bagaimana cara mengatasi gemuk air dan gemuk lemak?

Yang bisa dilakukan untuk mengatasi gemuk air

Orang yang gemuk air lebih mudah menurunkan berat badan. Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang yang gemuk air adalah dengan melakukan diet rendah sodium atau garam dan natrium. Semakin tinggi asupan natrium dan sodium, semakin banyak air yang diikat dalam tubuh. Jadi, pastikan untuk membaca label nutrisi di setiap makanan kemasan yang Anda beli.

Gemuk Lemak atau Gemuk Air? Kenali Cirinya! | Breaktime
Perhatikan label nutrisi di makanan kemasan

Untuk mengurangi retensi air dalam tubuh, Anda dianjurkan untuk minum banyak air putih. Ini mungkin berlawanan, namun air putih berfungsi untuk menyiram sel-sel kita dari air yang didapat karena sodium dan natrium. Anda juga disarankan melakukan olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu jika ingin segera menurunkan berat badan.

BACA JUGA : Minum Air Putih Bisa Bikin Kurus?

Nah, manfaatkan informasi di atas untuk membantu Anda membedakan gemuk air dan gemuk lemak, ya. Menentukan tipe kegemukan adalah langkah pertama yang harus B’timers ambil sebelum memutuskan metode diet penurunan berat badan. (nap)

Share This Article