Fenomena yang Hanya Dialami Pengendara Sepeda | Breaktime
Fenomena Aneh pada Tubuh yang Hanya Dialami Pengendara Sepeda
09.11.2015

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang menyenangkan, bukan? Akan lebih menyenangkan apabila Anda bisa bersepeda bersama rekan atau pasangan. Bagi Anda yang memiliki hobi bersepeda, apakah Anda pernah mengalami hal-hal aneh pada tubuh seperti berikut ini?

1. Race cough

Saat bersepeda udara yang kita hirup akan terasa lebih dingin karena bercampur dengan angin. Dengan suhu udara yang lebih rendah, kulit akan menjadi lebih dingin secara perlahan. Akan tetapi, otot pada tubuh bergerak dengan cepat sehingga suhu dalam tubuh memanas. Karena perubahan suhu dingin dan panas inilah yang menyebabkan batuk tak teratur usai bersepeda.

Fenomena yang Hanya Dialami Pengendara Sepeda | Breaktime
Bersepeda lebih menyenangkan apabila Anda mengajak kerabat atau pasangan

2. Metalic taste

Aroma seperti besi akan mulai tercium saat Anda bersepeda melebihi batas maksimal. Fenomena ini normal dan Anda jangan panik dulu saat ini terjadi. Penyebabnya adalah ketika Anda bersepeda di luar batas, darah yang terpacu di beberapa bagian tubuh akan mulai melepaskan kandungan heme-nya. Maka dari itu, aroma ini mulai tercium saat Anda kelelahan pasca bersepeda.

3. Ingin buang air

Biasanya ini dialami oleh pesepeda yang belum melakukan pemanasan atau sarapan. Saat bersepeda, otot kaki dan perut akan mulai bergerak agar sepeda terkayuh. Saat itu terjadi, otot perut bergerak dan merangsang pencernaan untuk bekerja. Karena tidak ada makanan yang diolah, maka proses yang berjalan adalah pembuangan fases dari usus besar ke arah anus.

4. Brain fog

Mendadak sering lupa setelah bersepeda sampai lelah? Fenomena ini disebut dengan brain fog atau fuzzy-headedness yang merupakan efek dari terlalu lama otak mengasup sisa glikogen yang bersifat kering sehingga kekuatan daya otak untuk mengolah memori sedikit berkurang.

Itulah beberapa kejadian aneh yang sering terjadi saat seseorang bersepeda. Fenomena-fenomena ini tidak berbahaya, akan tetapi alangkah baiknya saat sebelum bersepeda Anda sudah mempersiapkan diri secara matang seperti pemanasan dan juga perbekalan yang cukup. (wsu)

Share This Article