Exercise Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan | Breaktime
Exercise Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan
01.07.2017

Setelah melahirkan, banyak wanita yang kesulitan untuk mengecilkan perut. Sebagian orang membiarkannya saja, sebagian lain memilih untuk menggunakan obat diet yang dinilai bisa membahayakan tubuh. Tubuh wanita setelah melahirkan tidak bisa dibilang se fit, tubuh wanita lain. Mengkonsumsi obat diet bisa berakibat efek samping.

Untuk mengecilkan perut setelah melahirkan, Anda bisa melakukan beberapa gerakan atau exercise mudah. Gerakan – gerakan yang dilakukan tentunya berhubungan dengan otot perut. Seperti apa gerakannya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menghilangkan Lemak Perut, Begini Caranya!

Gerakan yang pertama ada senam kegel. Senam kegel adalah salah satu senam untuk mengencangkan otot panggul bawah. Senam ini sangat bermanfaat juga untuk mengencangkan otot-otot di bawah rahim, usus besar, dan kantong kemih. Caranya pun terbilang mudah karena tidak memerlukan alat ataupun instruksi khusus sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya identifikasi bagian tubuh yang disebut otot panggul bagian bawah. Artinya Anda harus tahu mana bagian yang dimaksud dengan otot panggul bagian bawah tersebut. Coba dengan menghentikan keluarnya urin di saat Anda sedang buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang dinamakan otot panggul bagian bawah.

Kosongkan kantung kemih Anda dengan menyelesaikan pembuangan urine tersebut. Kemudian posisikan tubuh Anda dengan berbaring secara terlentang. Kencangkan otot panggul bagian bawah tadi. Tahan hingga 5 detik, lalu lepaskan. Ulangilah 4 hingga 5 kali, setelah itu tambah durasinya yang sebelumnya 5 detik menjadi 10 detik.Hindarilah mengencangkan otot perut, paha, dan pantat Anda saat mengencangkan otot panggul bagian bawah ini serta berusahakan untuk tetap menjaga pernapasan dengan baik.Ulangi kegiatan ini setidaknya sebanyak 3x sehari selama kurang lebih 10 hari, barulah Anda akan merasakan perubahannya terutama bagi perut Anda yang membuncit setelah melahirkan.

Exercise Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan | Breaktime
Gerakan mengecilkan perut setelah melahirkan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Sukses Diet Plan Untuk Wanita Modern

Gerakan kedua ada gerakan pelvic tits. Gerakan ini boleh dilakukan namun harus seizin dokter. Dalam artian untuk memastikan bahwa kondisi Anda sudah benar-benar pulih dan sehat. Gerakan pelvic tits ini sangatlah mudah dan simpel serta bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya adalah, pertama, baringkan tubuh Anda di lantai dalam posisi terlentang dengan telapak tangan menghadap ke bawah, tegak lurus berada di samping tubuh.Kedua, tekuk kaki dan angkat pantat Anda sehingga sejajar dengan lutut. Tahan selama kurang lebih 10 detik.Ketiga, ulangi secara berkali-kali sampai Anda merasa cukup.Latihan gerakan pelvic tits ini juga terbukti efektif untuk bisa mengecilkan perut setelah melahirkan.

Gerakan ketiga ada latihan otot perut. Latihan otot perut juga bisa menjadi aktivitas yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Di samping itu, latihan otot perut bisa dilakukan sesuka Anda, mulai dengan duduk, berdiri maupun berbaring. Caranya pun cukup mudah, yaitu lakukanlah tarikan pada perut Anda menuju perut bagian dalam dengan cara mengkontraksikan otot-otot perut, tahan posisi tersebut dalam waktu beberapa menit. Kemudian ulangilah secara berkali-kali sampai Anda merasa cukup. Lakukan rutin setiap harinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menu Diet Mayo, Apa Saja Sih?

Latihan otot perut lainnya bisa dilakukan menggunakan metode shoulder lift. Latihan ini hanya memerlukan matras sebagai alat pembantunya. Caranya adalah, pertama, baringkan tubuh Anda pada matras secara terlentang.Kedua, tekuk kaki beserta telapak kaki Anda hingga menyentuh lantai.Ketiga, hembuskan nafas dan kontraksikan pada otot perut, kemudian angkat kepala dan pundak Anda. Keempat, tahan posisi tersebut dalam waktu beberapa detik, lalu turunkan kepala dan pundak yang terangkat secara perlahan-lahan.Kelima, ulangi dari awal sehingga Anda merasa cukup dan biasakan untuk melakukannya secara rutin setiap hari.

Gerakan atau senam untuk mengecilkan perut setelah melahirkan bisa Anda lakukan sendiri atau pun bersama instruktur. Bagi wanita yang merasa tidak percaya diri dengan perut buncit setelah melahirkan, Anda bisa rutin melakukannya setiap hari agar perut Anda bisa segera kembali seperti sedia kala. (am)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE