Kenapa Tubuh Membutuhkan Protein? Ini Alasannya! | BREAKTIME
Everyone Needs Protein. But Why?
01.02.2015

Setiap orang pasti tahu kalau protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Tapi apa B’timers tahu mengapa protein sangatlah penting? Dari pada hanya menebak-nebak saja, yuk mengenal berbagai manfaat protein bersama Breaktime!

Hormonal Regulation

Everyone Needs Protein. But Why?

Beberapa hormon menggantungkan diri pada protein yang membantu proses produksinya. Salah satunya hormon  yang berfungsi untuk mengatur masa pubertas pada remaja. Hormon ini mempengaruhi kesuburan sehingga jika kebutuhan protein tak terpenuhi, akan terjadi gangguan pada sistem reproduksi yang berkaitan dengan siklus menstruasi pada wanita dan produksi sperma pada pria.

Regulation of Cell Division

Everyone Needs Protein. But Why?

Protein berfungsi untuk mengatur pembelahan sel sehingga dapat menggantikan sel-sel yang rusak atau mati. Biasanya, sel rusak dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari atau zat berbahaya yang berada di lingkungan sekitar Anda. Apabila proses produksi  sel ini mengalami gangguan, dapat meningkatkan risiko tumbuhnya sel kanker yang dapat mengancam nyawa seseorang.

Immune System Actions

Everyone Needs Protein. But Why?

Protein juga berfungsi sebagai pembentuk antibodi tubuh yang berguna untuk menangkal radikal bebas atau zat asing berbahaya. Antibodi ini sangat penting diproduksi tubuh agar terhindar dari beberapa macam infeksi yang mengintai. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan karena tubuh terlindungi dari beragam penyakit yang membahayakan sehingga B’timers bisa selalu prima dan berstamina.

Enzim

Everyone Needs Protein. But Why?

Enzim merupakan protein yang berfungsi untuk meningkatkan proses kimia dalam tubuh. Bahkan, sebagian besar reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh sangat bergantung kepada enzim. Misalnya saat mencerna karbohidrat dan lemak yang masuk dalam tubuh untuk diubah menjadi energi.

Transportation of Molekul

Everyone Needs Protein. But Why?

Banyak molekul bergantung pada protein untuk dipindahkan ke bagian tubuh lain. Hemoglobin yang terdapat dalam eritrosit juga sangat bergantung pada protein sebagai kendaraannya untuk mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh

Itulah beberapa fungsi penting protein dalam tubuh yang perlu B’timers tahu. Protein banyak terdapat pada telur, seafood, sayuran hijau, susu, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Konsumsilah beragam makanan sehat agar kebutuhan protein selalu bisa terpenuhi dengan baik. 

Share This Article