Efektif Mana, Minuman Ion atau Susu Cokelat, Ya? | Breaktime
Efektif Mana, Minuman Ion atau Susu Cokelat, Ya?
11.08.2016

Setelah lelah berolahraga, Anda paling suka minum apa, nih, B’timers? Ada yang mengungkapkan bahwa minuman ion bisa membantu mengembalikan energi yang telah hilang. Tapi ternyata penelitian terbaru, dengan minum susu cokelat sangat baik untuk pemulihan. Jadi mana, nih, yang paling efektif, minuman ion atau susu cokelat, B’timers?

Efektif Mana, Minuman Ion atau Susu Cokelat, Ya? | Breaktime
Ion yang terkandung mengembalikan energi yang hilang

Manfaat dari minuman ion setelah berolahraga

Kandungan dari minuman ion atau energi yaitu elektrolit, seperti sodium, kalsium, klorida, magnesium, fosfor serta kalium. Setelah melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda akan kehilangan semua bahan itu, lho.  Jika membandingkan antara minuman ion atau susu cokelat, minuman ion yang mengandung elektrolit ternyata cukup efektif mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda, B’timers.

Berdasarkan studi dari Journal of the International Society of Sports Nutrition tahun 2014, minuman ion dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memaksimalkan kinerja otot. Sayangnya minuman yang mengandung sekitar 1 atau 3 % tambahan karbohidrat  dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan dapat memperlambat proses hidrasi tubuh.

Baca juga : NAH, INI 5 CARA AMPUH AGAR FITNESS TIDAK SIA-SIA

Efektif Mana, Minuman Ion atau Susu Cokelat, Ya? | Breaktime
Susu cokelat atau milkshake setelah olahraga?

Manfaat dari susu cokelat setelah latihan fisik

Tak hanya minuman ion yang dianggap efektif diminum setelah berolahraga, lho. Karena berdasarkan penelitian lain, susu cokelat juga sangat ampuh mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang saat melakukan latihan fisik. Ini karena susu cokelat memiliki perbandingan sempurna, antara karbohidrat dan protein, B’timers.

Dan ternyata cara tubuh memulihkan kondisinya setelah latihan fisik, adalah dengan mengisi kembali kadar glikogen dalam otot yang telah hilang. Setelah terisi, maka tubuh Anda pun siap menjalankan latihan selanjutnya, B’timers. Memang masih menjadi kontradiksi hingga saat ini, dibandingakan dengan minuman ion, apakah susu cokelat cukup efektif.

Tapi, apapun pilihannya, minuman ion atau susu cokelat, selama Anda merasa tubuh kembali fit dan bisa kembali beraktivitas, itu tidak menjadi masalah, kan, B’timers? (NO)

Share This Article