Durasi Ideal Olahraga Turunkan Berat Badan Kilat | Breaktime
Durasi Ideal Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan Kilat
12.11.2015

Olahraga memang memegang kunci penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Namun, berapa lama sih waktu ideal yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas fisik satu ini? Well, jawabannya bisa jadi sangat beragam, ya. Untuk itu, Breaktime hadirkan pendapat sejumlah personal trainers dunia seputar waktu ideal untuk olahraga.

Justin Maguire

Justin Maguire, pendiri FE Gym, menganjurkan untuk melakukan latihan fisik selama tiga jam per minggu. Ia mengamati bahwa cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan membuat rasio aktif bergerak dan istirahat sebesar 2:1. Jadi, bila Anda sudah olahraga selama 40 detik, istirahatlah sejenak selama 20 detik.

Selain itu, upayakan untuk tidak melakukan olahraga lebih dari 35 menit sebab rawan membuat jaringan tubuh cedera. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American College of Sports Medicine tahun 2001 mengungkap, olahraga selama 2,5 jam per minggu mengakibatkan tubuh lemas, padahal berat badan tidak turun secara ideal.

Durasi Ideal Olahraga Turunkan Berat Badan Kilat | Breaktime
Lakukan latihan tak lebih dari 2,5 jam per minggu

Matt Hodges

Berbeda dengan Maguire, Matt Hodges menyarankan untuk melakukan tiga kali high-intensity interval training (HIIT) selama 18 menit dalam seminggu. Menurutnya, setiap orang memang memiliki waktu yang berbeda untuk menurunkan berat badan. Namun, untuk membentuk otot yang kuat, B’timers harus memangkas lemak, bukan berat badan.

Selain itu, Matt juga menganjurkan Anda melakukan senam kardio di pagi hari sebab fluktuasi hormon saat sangat bagus. Lakukan senam kardio ini tak lebih dari setengah jam per hari setelah bangun pagi. 30 detik pertama, lakukan sprint 100 meter dan 30 detik sisanya untuk istirahat sejenak.

Durasi Ideal Olahraga Turunkan Berat Badan Kilat | Breaktime
Lakukan 25 menit per sesi HIIT

Llyod Bridger

Personal trainer di LDN Muscle, Llyod Bridger menyarankan melakukan dua hingga empat sesi HIIT per minggu. Setidaknya, B’timers harus mencapai 10-20 detik interval untuk mengulangi delapan gerakan dengan waktu istirahat selama 1 menit.

Ditanya soal durasi ideal untuk melakukan HIIT, Llyod menuturkan bahwa 25 menit per sesi selama empat kali seminggu adalah durasi yang pas. Selain itu, ia juga menganjurkan untuk mengurangi asupan kalori sebanyak 300 hingga 400 kalori per hari.

Well, saran personal trainer mana nih yang paling mengena di hati B’timers untuk dicoba? Yang jelas, sesuaikan dengan jadwal Anda dan usahakan untuk konsisten melakukannya agar hasil yang diinginkan pun segera terwujud. (vsc)

Share This Article