Duduk Seharian? Luangkan untuk Fitness di Rumah! | Breaktime
Duduk Seharian? Luangkan untuk Fitness di Rumah!
20.01.2017

Anda salah satu dari pegawai kantoran yang menghabiskan waktu seharian duduk di depan meja serta komputer, B’timers? Well, meskipun Anda melakukan pekerjaan di rumah, namun pada kenyataannya kebanyakan orang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan duduk, lho. Nah, seperti yang sering sekali kita dengar, menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk dapat memberikan dampak yang cukup mengerikan bagi kesehatan, lho.

Well, coba perhatikan, apakah Anda pernah mengalami saat-saat ketika bangun dari posisi duduk dan pantat terasa mati rasa dan pinggul begitu kaku, bahkan Anda harus melangkah perlahan? Duduk pada waktu yang cukup lama akan membuat pinggul dan kaki terasa kaku. Hal ini karena otot tubuh bagian bawah tidak aktif selama Anda duduk, B’timers. Nah, karena duduk terlalu lama berisiko buruk terhadap kesehatan, sebaiknya simak tips berikut!

Duduk Seharian? Luangkan untuk Fitness di Rumah! | Breaktime
Contoh supported backbend. Photo by prevention.com

Supported backbend. Gerakan ini dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan menstabilkan otot-otot belakang Anda selama seharian duduk di depan komputer, lho, B’timers. Berdirilah membelakangi dinging dengan jarak sekitar 1 kaki. Rentangkan tangan melalui kepala, tekuk siku ke belakang tubuh, sampai telapak tangan menyentuh tembok. Perlahan jatuhkan berat badan Anda pada tangan. Berjalan menjauh dengan telapak tangan tetap menempel di dinding sampai Anda merasakan peregangan.

Duduk Seharian? Luangkan untuk Fitness di Rumah! | Breaktime
Contoh lunge with rotation. Photo by prevention.com

Lunge with rotation. Gerakan fitness yang dapat Anda lakukan di manapun ini dapat membantu Anda mengembalikan kekuatan di kaki dan bahu sekaligus meregangkan pinggul Anda, B’timers. Dan bukan hanya itu saja, lho. Gerakan ini turut menjaga postur tulang belakang yang sehat. Berdirilah dan ambil langkah ke depan sejauh mungkin dengan kaki kanan. Letakkan tangan di kedua sisi kaki kanan. Angkat lengan kanan ke arah langit-langit dan layangkan pandangan ke atas. Lakukan juga pada tangan kiri.

Duduk Seharian? Luangkan untuk Fitness di Rumah! | Breaktime
Contoh shoulder opener. Photo by prevention.com

Shoulder opener. Duduk sepanjang hari berisiko membuat otot bahu Anda jatuh ke depan dada. Dengan latihan ini, Anda akan mengembalikan otot bahu dan dada. Berdirilah dengan posisi tegak sambil Anda memegang handuk atau sabuk pada masing-masing tangan di belakang punggung. Angkat lengan Anda di belakang setinggi mungkin. Tarik bahu Anda bersama-sama ketika Anda mengangkat lengan. Latihan ini juga dapat membantu memberikan kekuatan pada bahu dan membentuk bahu yang seksi, B’timers.

Duduk Seharian? Luangkan untuk Fitness di Rumah! | Breaktime
Contoh low cobra with feet elevated. Photo by prevention.com

Low cobra with feet elevated. Otot tubuh bagian belakang biasanya terasa kram dan sangat kaku setelah kita duduk sepanjang hari. Iya, kan, B’timers? Nah, gerakan fitness ini membantu meregangkan otot di pinggul, memperkuat glutes, memperbaiki postur dada dan bahu, serta memperkuat punggung bawah. Tidur dengan posisi tertelungkup dengan kaki bertumpu pada roller busa. Tekan lengan Anda ke lantai dan tarik bahu serta kepala Anda ke arah atas hingga terasa tarikan pada otot. Kembali ke posisi awal.

Duduk Seharian? Luangkan untuk Fitness di Rumah! | Breaktime
Contoh star reach. Photo by prevention.com

Star reach. Anda bisa meluangkan waktu di kantor untuk melakukan latihan dengan gerakan sederhana ini, lho. Latihan ini dapat membantu meregangkan otot bahu, dada, punggung tengah, pinggul dan juga pergelangan kaki. Berdirilah dengan kaki terbuka lebar, lebih lebar daripada pinggul Anda. Ulurkan dua tangan Anda ke langit-langit dengan telapak tangan menghadap ke depan. Sebarkan jari-jari Anda. Dan lakukan dengan menegakkan seluruh tubuh sambil merasakan peregangan di setiap otot tubuh Anda.

Duduk Seharian? Luangkan untuk Fitness di Rumah! | Breaktime
Contoh number 4 sit. Photo by prevention.com

Number 4 sit. Otot kecil di bagian belakang Anda yang bernama piriformis dan atrophies akan menegang selama Anda duduk terlalu lama. Dengan gerakan peregangan sederhana satu ini yang Anda praktekkan bisa membantu piriformis kembali aktif dan fleksibel, B’timers. Duduk dengan pergelangan kaki kanan Anda bersandar di atas paha kiri Anda. Gunakan tangan kanan untuk memberikan sedikit tekanan pada lutut kanan. Bawa tubuh Anda ke depan untuk memberikan peregangan yang lembut pada piriformis.



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE