Do’s & Dont’s dalam Menu Diet Golongan Darah O | Breaktime
Do’s & Dont’s dalam Menu Diet Golongan Darah O
19.10.2017

Diet merupakan salah satu upaya yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal maupun sekedar menjaga kesehatan. Berbagai tipe diet memiliki pengikut dan pelaku masing-masing. Salah satu jenis diet yang hingga kini masih tersohor ialah diet berdasarkan golongan darah. Dipopulerkan oleh dalam bukunya yang bertajuk Eat Right for Your Type: The individualized diet solution to staying healthy, living longer & achieving your ideal weight, Peter D’Adamo mengklaim bahwa individu dengan golongan darah berbeda memiliki preferensi dan kecocokan makanan jenis tertentu. Menurutnya setiap individu berdasarkan diet golongan darah O, AB, A, dan B memiliki kemampuan berbeda dalam mencerna jenis protein lektin.

Kandungan protein lektin berbeda dalam setiap makanan yang tidak sesuai dengan golongan darah dapat memicu aneka gangguan kesehatan seperti perut kembung, peradangan, melambatnya metabolisme dan sistem pencernaan, hingga penyakit kanker. Konsumsi yang sehat bagi orang golongan O memfokuskan pada diet protein hewani tinggi seperti daging merah, unggas, dan ikan. Sayangnya, sebagai golongan darah dengan kebutuhan protein tinggi, orang dengan golongan darah O memiliki batasan untuk mengonsumsi padi-padian, kacang polong, dan kacang kacangan. B’timers yang termasuk golongan darah O juga memiliki pantangan untuk mengkonsumsi gandum, jagung, kacang merah, kacang navy, kacang-kacangan, kubis, bunga kol, sawi hijau, hingga aneka produk olahan susu.

Dalam menentukan jenis makanan bergizi seimbang yang dapat dikonsumsi, diet golongan darah O sebaiknya memperhatikan aneka gangguan kesehatan yang sering Anda alami. Gangguan darah O cenderung mudah mengalami sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya. Selain rentan terkena stress, golongan darah O juga berisiko kencing manis, darah tinggi, asam urat hingga koleterol. Sakit pinggang dan gangguan tulang belakang juga dapat dengan mudah menyerang golongan darah O, selain adanya antibodi yang mudah bereaksi terhadap serangan bakteri penyebab bisul.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terlihat Sepele, Ini Tips Diet Sukses yang Ampuh

Berbeda dengan golongan darah lainnya, O blood type memiliki kelebihan dapat mencerna daging secara efisien. Aneka jenis seafood menjadi asupan protein yang tepat, selain juga mengandung iodium dalam kadar tinggi. Asupan protein hewani yang dilarang dikonsumsi oleh golongan darah O ialah daging angsa, babi, salmon asap, ikan lele, gurita, kerang, ikan hering, hingga caviar. B’timers yang memiliki golongan darah O sebaiknya menghindari mengkonsumsi telur ya!

Do’s & Dont’s dalam Menu Diet Golongan Darah O | Breaktime
Aneka produk olahan susu yang menjadi salah satu pantangan dalam diet golongan darah O

Selain dilarang mengkonsumsi telur dan aneka dairy products olahan susu, orang dengan golongan darah O masih diperbolehkan makan mentega, keju mozzarella, keju kambing, feta, maupun minum susu kambing. Yoghurt, sebaliknya, dilarang dikonsumsi orang dengan golongan darah O karena masih mengandung citarasa susu yang cukup kuat. Untungnya, golongan darah O memiliki respon positif dalam mengkonsumsi aneka bahan pangan yang mengandung minyak dan lemak. Minyak zaitun dan minyak biji rami merupakan asupan minyak dan lemak yang baik bagi golongan darah O, sedangkan minyak kanola dan minyak wijen termasuk ke dalam daftar makanan yang masih diperbolehkan. Sayangnya, golongan darah O tidak diperkenankan mendapatkan asupan minyak dari minyak kacang, minyak jagung, minyak biji kapas, hingga minyak biji matahari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lakukan Diet Sehat Ini untuk Cegah Heartburn

Dalam mengkonsumsi aneka jenis kacang, orang dengan golongan darah O sebaiknya memilih jenis tertentu yang aman dimakan. Jenis kacang yang sangat baik dikonsumsi ialah kacang kenari, biji labu, kacang pinto, kacang azuki, dan black eyed peas. Sebaliknya, jenis kacang merah, kacang hijau, kacang mede, kacang tanah, kacang pistachio, dan biji poppy dilarang dikonsumsi bagi yang bergolongan darah O. Selain itu, ketidakseimbangan asam dalam perut membuat golongan darah O tidak mampu mencerna sebagian besar produk gandum dan biji-bijian dengan baik. Essence untuk roti merupakan olahan gandum yang memiliki kualitas gizi terbaik bagi golongan darah O, sedangkan gandum hitam dan beras termasuk ke dalam daftar makanan yang masih diizinkan. Jagung, gandum, oat, hingga olahan tepung seperti roti dan mi merupakan produk olahan gandum yang sama sekali dilarang. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sehatnya Aneka Makanan Diet Unik

Aneka jenis sayur dan buah secara umum termasuk ke dalam kelompok makanan sehat. Sayangnya, diet golongan darah O melarang Anda untuk mengkonsumsi jenis sayuran seperti kembang kol, kubis, kecambah, jamur shitake, fermentasi zaitun, kentang, jagung, dan terong. Alpukat, kelapa dan olahan santan, melon, blewah, jeruk, stroberi, dan blackberry merupakan jenis buah-buhan yang sebaiknya dihindari oleh golongan darah O.

Semoga diet berdasarkan golongan darah bisa membuat B’timers senantiasa sehat ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE