Lebih Efektif Mana Diet dan Olahraga untuk Tubuh Ideal? | Breaktime
Diet vs Olahraga, Mana yang Lebih Efektif?
27.07.2015

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan ideal, mulai dari olahraga sampai dengan diet ketat. Menurut banyak jurnal dan penelitian dalam dunia kesehatan, asupan makanan dan aktivitas fisik merupakan 2 faktor penting yang mempengaruhi berat dan bentuk tubuh manusia. Semakin tidak sehatnya makanan atau minuman yang dikonsumsi ditambah lagi dengan kurangnya aktivitas, membuat tubuh semakin melar serta berat badan bertambah besar dan memicu obesitas.

Bagi B’timers sendiri, mungkin olahraga dan diet adalah dua cara efektif yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang diinginkan, akan tetapi dari keduanya, manakah yang lebih efektif untuk mencapai berat badan dan bentuk tubuh ideal?

Well, menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh Donald Hensrud, M.D dari Mayo Clinic, olahraga dan diet apabila tidak dilakukan secara bersama dan seimbang, maka dapat dikatakan sebagai hal yang sia-sia belaka.

Akan menjadi satu hal yang sia-sia belaka, jika keduanya tidak dilakukan bersama
Akan menjadi satu hal yang sia-sia belaka, jika keduanya tidak dilakukan bersama

Dengan berolahraga saja, maka B’timers hanya dapat membakar kalori lebih banyak dan mempertahankan bentuk tubuh. Sedangkan dengan berdiet saja, kelebihan kalori yang masuk ke dalam tubuh justru akan menumpuk dan menjadi timbunan lemak.

Oleh karenanya, pastikan B’timers menyeimbangkan diet dan olahraga karena kedua hal tersebut bisa mewujudkan keinginan Anda memperoleh bentuk tubuh ideal. Pertama, awali dengan memperbaiki pola makan dan memperbanyak asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Jika sudah terlaksana dengan baik, baru lanjutkan dengan memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh dan lakukan secara teratur.

Akan lebih efektif dan menyenangkan kalau kedua aktivitas sehat ini dilakukan bersama-sama dengan pasangan ataupun para sahabat. B’timers pun akan memperoleh motivasi lebih sehingga lebih mudah menjalankan diet dan olahraga. Semangat!

Share This Article