Diet Tinggi Serat Turunkan Kolesterol, Benarkah? | Breaktime
Diet Tinggi Serat Turunkan Kolesterol, Benarkah?
23.07.2016

Yakin, Anda sudah mengonsumsi makanan tinggi serat, B’timers? Karena tidak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan. Well, memang telah lama makanan tinggi serat memiliki peran penting dalam segala masalah kesehatan kita. Namun benarkah diet tinggi serat turunkan kadar kolesterol tubuh, B’timers?

Makanan tinggi serat untuk turunkan kolesterol

Berlebihan mengonsumsi makanan tinggi sodium dan lemak jenuh, seperti kentang goreng dan burger keju, dapat dengan cepat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, lho, B’timers. Tapi sayang, tidak banyak yang mengetahui, bahwa kita dapat menurunkan tingginya kadar kolesterol hanya dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan untuk jantung, serat larut.

Namun benarkah diet tinggi serat turunkan kadar kolesterol tubuh? Telah diungkapkan David Frid MD, ahli jantung dari Cleveland Clinic, serat bekerja dengan cara mengikat asam dan memproduksi empedu untuk membantu mencerna makanan. Karena tubuh harus menggunakan kolesterol dari darah dan membuat asam empedu, maka kadar kolesterol Anda pun akan turun, B’timers.

Diet Tinggi Serat Turunkan Kolesterol, Benarkah? | Breaktime
Tambah makanan tinggi serat dalam menu harian Anda, ya?

Porsi terbaik serat yang harus kita konsumsi

Anda tak akan mendapatkan kesulitan untuk menemukan makanan tinggiserat larut, kok, B’timers. Jika dengan menambahkan beberapa jenis makanan tinggi serat dalam porsi harian Anda, dapat membantu tubuh mendapatkan serat larut yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Jumlah yang disarankan, setidaknya kita mengonsumsi sekitar 10 gram per hari.

Marisa Moore, profesor di Georgia State University, mengungkapkan bahwa mereka yang meningkatkan asupan serat larut harian setidaknya 5 sampai 10 gram sehari, memiliki penurunan LDL atau lemak jahat hingga 5 %, B’timers. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat menjaga rasa kenyang dalam waktu lama. Selain sehat, juga mempertahankan berat badan ideal.

Jadi, benarkah diet tinggi serat turunkan kadar kolesterol tubuh, B’timers? Tidak diragukan lagi! (NO)

Baca juga : HATI-HATI! SAYURAN INI BISA BIKIN ANDA GEMUK, LHO!

Share This Article