Diet Tampak Sukses, Kok Malah Tambah Gemuk? | BREAKTIME
Diet Tampak Sukses, Kok Malah Tambah Gemuk?
18.03.2015

“I’ve been on a diet for two weeks and all I’ve lost is fourteen days.”

-Totie Fields-

Sudah mengurangi porsi makan, menghindari ngemil di malam hari, dan menjauhi fast food, tapi kenapa ya berat badan masih juga bertambah? Kalau B’timers selama ini berpikir diet yang dijalani sudah berhasil tapi tak kunjung menampakkan hasil seperti yang diharapkan, beberapa hal ini bisa jadi penyebabnya: 

Terlalu fokus menghindari kalori

Terlalu banyak kalori yang masuk dalam tubuh memang menjadi salah satu penyebab kegemukan. Namun jangan lupa, bukan cuma asupan kalori saja yang perlu dibatasi saat sedang diet. Anda juga perlu memperhitungkan lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Jangan sampai karena terlalu fokus menghindari makanan berkalori tinggi, Anda justru lebih banyak mengonsumsi kudapan berlemak. Pilihlah makanan-makanan yang mengandung cukup kalori sekaligus rendah lemak seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, ayam, ikan, grass fed meats, serta low-glycemic veggies. 

Melupakan ‘jahatnya’ gula

Anda merasa diet sudah berhasil lantaran bisa mengurangi konsumsi nasi dan menghindari gorengan? Well, jangan senang dulu! Jangan merasa sudah menjalankan diet dengan baik kalau Anda masih sering mengonsumsi minuman kalengan atau jus dengan tambahan gula. Ya, gula sama jahatnya dengan lemak dana kalori berlebih karena bisa menyebabkan obesitas. Gantilah konsumsi gula dengan natural sweetener seperti madu yang jauh lebih bersahabat untuk tubuh.

Mudah teralihkan oleh rasa lapar

Anda sudah membulatkan tekad untuk melakukan diet. Bahan makanan sehat yang rendah kalori, lemak, dan gula juga sudah disiapkan. Jam makan pun telah diatur supaya Anda tak lagi ngemil melebihi jam 8 malam. Tapi saat rasa lapar mendera, ternyata dengan mudahnya Anda tergiur untuk mengonsumsi aneka makanan yang bisa menambah berat badan. Wah, kalau ini sih kuncinya ada pada diri Anda sendiri. Tanamkan di benak Anda bahwa diet hanya akan sukses kalau bisa disiplin dalam pola makan.

BACA JUGA : Tips Diet Sehat Ala Dr. OZ

Ingat B’timers, diet yang sehat adalah diet yang seimbang. Jadi pastikan kalau diet Anda benar-benar aman dari segi kesehatan dan tetap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Semoga berhasil, ya!

Share This Article